Salsabila, Putri (2025) PERILAKU PROSOSIAL PADA BYSTANDER BULLYING SISWA/I DI SMPN "X" MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Skripsi_PutriSalsabila.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
Skripsi_PutriSalsabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
LATAR BELAKANG MASALAH: Berita Bullying yang seringkali terjadi pada siswa/i di sekolah, Bullying adalah tindakan mengganggu terus-menerus dan menyusahkan seseorang. Perilaku prososisal perlu ditanamkan di siswa/i agar mau melindungi dan tidak membiarkan bahaya Bullying dengan menolong korban tanpa mengharapkan imbalan apapun, SMP N X masih ada beberapa yang mengadukan kepada guru BK dan mayoritas lain memilih tidak ikut campur karena takut akan menjadi korban selanjutnya disebut Bystander. TUJUAN: Mengetahui gambaran perilaku prososial pada siswa SMP N “X” Muaro Jambi yang merupakan Bystander pada tindakan Bullying. METODE: Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan 100 responden. Metode sample yang digunakan ialah Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala perilaku prososial pada Bystander. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson satu variabel. HASIL: Penelitian diketahui dari kesuluruhan 100 responden yakni sebanyak 52 (51.5%) berada pada kategori rendah dari seluruh responden yang merupakan Bystander Bullying di SMP N X Muaro Jambi memiliki tingkat perilaku sosial yang tergolong rendah. Perilaku prososial responden perempuan (72) lebih tinggi daripada laki laki (28). Individu berusia 13 tahun mayoritas memiliki perilaku sosial yang tinggi yaitu 6 orang. Siswa kelas 8 memiliki responden dengan tingkat perilaku prososial tinggi paling banyak yaitu 8 orang dibandingkan kelompok kelas lainnya. KESIMPULAN: Berdasarkan hasil penelitian diketahui dari keseluruhan responden sebanyak 52 (51.5%) dari seluruh responden yang merupakan Bystander Bullying di SMP N X Muaro Jambi memiliki tingkat perilaku sosial yang tergolong rendah. Peningkatan kesadaran dalam menolong korban Bullying perlu ditingkatkan, karena melalui rata-rata penelitian ini responden memiliki skor positif dalam aspek kerja sama. BACKGROUND: Bullying is a frequent issue among students in schools. It refers to repeated and intentional actions that disturb, hurt, or distress others. To address this issue, prosocial behavior must be instilled in students so that they are willing to protect and help bullying victims without expecting anything in return. At SMP N X, although a few students have reported bullying incidents to the school counselor, most choose not to get involved due to fear of becoming the next target. These uninvolved students are referred to as bystanders OBJECTIVE: This study aims to describe the prosocial behavior of students at SMP N X Muaro Jambi who act as bystanders in bullying situations. METHOD: This research used a quantitative approach with a descriptive design. A total of 100 students were selected using purposive sampling. The instrument used was a prosocial behavior scale for bystanders. Data analysis was conducted using a one-variable Pearson correlation test. RESULTS: The study revealed that 52 out of 100 respondents (51.5%) had a low level of prosocial behavior. Female students (72) showed higher prosocial behavior than male students (28). Among 13-year-old students, 6 were categorized as having high prosocial behavior. Grade 8 students had the highest number of respondents with high prosocial behavior, with a total of 8 students. CONCLUSION: The majority of bystander students at SMP N X Muaro Jambi displayed low prosocial behavior. It is essential to improve students’ awareness and willingness to help victims of bullying, especially since the cooperation aspect showed positive potential.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosocial Behavior, Bullying, Bystander |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | Salsabila |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:57 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |