maulani, maghfiroh and sofyan, hendra and sherly utami, winda (2025) PENGARUH MEDIA PUZZLE ALPHABET TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 19 SEKERNAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK fio.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB 1 fio.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB V fio.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
cover fio.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MAGHFIROH MAULANI FIXX.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA fio.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
pemyesahan fio.pdf Download (1MB) |
Abstract
Maulani, M. 2025 Pengaruh Media Puzzle Alphabet Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 19 Sekernan Muaro Jambi: Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si. (II) Winda Sherly Utami, M.Pd. Kata Kunci : Puzzle alphabet, Kemampuan Keaksaraan, Anak usia 5-6 tahun. Kemampuan keaksaraan anak usia dini perlu distimulasi namun masih ada anak yang menunjukkan bahwa pembelajaran pengenalan keaksaraan awal dikelompok tersebut masih tergolong rendah. Hanya 6 dari 15 anak yang menunjukkan munculnya kemampuan mengenal huruf serta memahami bentuk dan bunyi huruf, artinya terdapat 9 dari 15 anak belum menunjukkan kemampuan dalam mengenal huruf serta memahami bentuk dan bunyi huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Puzzle alphabet terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 19 Sekernan. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini yaitu 15 anak pada kelas B. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi yang telah diuji validasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Hasil dari analisis data menggunakan pengujian hipotesis uji-t Paired Sample Test diperoleh nilai Thitung 10,561> Ttabel 2,145 Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 19 Sekernan. pada Pretest dan Posttest. Untuk melihat berapa besar pengaruh dapat diketahui dengan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s. Besarnya pengaruh penggunaan media Puzzle alphabet terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 19 Sekernan Muaro Jambi sebesar 7,00. Hasil tersebut didalam tabel kriteria interprestasi nilai cohen’s termasuk kedalam kategori yang berefek kuat (Strong Effect) terhadap peningkatan kemampuan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa media puzzle alphabet berpengaruh positif terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 19 Sekernan Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Maulani |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |