Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Agresivitas Verbal pada Anak Terlantar di Kota Jambi

SAPUTRI, JIHAN AQILLA and FADZLUL, FADZLUL and Nofrianda, Rion (2025) Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Agresivitas Verbal pada Anak Terlantar di Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
JIHAN AQILLA SAPUTRI_G1C121060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (401kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Remaja terlantar di Jambi (8,30% dari populasi) mengalami keterlantaran yang menyebabkan ketertinggalan pendidikan dan kesejahteraan. Kondisi ini memicu agresivitas verbal yang berkaitan dengan kecerdasan emosional. Tanpa penanganan serius, trauma akan memburuk dan menghambat rehabilitasi. Penelitian ini diharapkan mendukung rehabilitasi anak terlantar maupun anak yang mempunyai permasalahan serupa. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan agresiitas verbal pada anak terlantar di Kota Jambi. Mengunakan pendekatan kuantiatif korelasional dengan 62 anak terlantar dan teknik purposive sampling, data dikumpulkan melalui skala likert dan dianalisis menggunakan korelasi Pearson dengan bantuan SPSS 28. Gambaran kecerdasan emosional pada anak terlantar di kota jambi dengan sebagian besar berada pada kategori tinggi dengan persentase 53%. Gambaran agresivitas verbal pada anak terlantar di kota jambi dengan sebagian besar berada pada kategori tinggi dengan persentase 53,2%. Berdasarkan uji pearson correlation ditemukan adanya korelasi positif yang signifikan sebesar 0,911 (p0,000<0,005). Artinya, kecerdasan emosional yang tinggi berkaitan dengan agresivitas verbal yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Agresivitas Verbal, Anak Terlantar. Abstract Neglected adolescents in Jambi (8.30% of the population) experience neglect which causes educational and welfare delays. This condition triggers verbal aggression related to emotional intelligence. Without serious treatment, trauma will worsen and hinder rehabilitation. This study is expected to support the rehabilitation of neglected children and children with similar problems. This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and verbal aggression in neglected children in Jambi City. Using a quantitative correlational approach with 62 neglected children and purposive sampling techniques, data were collected through a Likert scale and analyzed using Pearson correlation with the help of SPSS 28. The description of emotional intelli gence in neglected children in Jambi City with the majority being in the high category with a percentage of 53%. The description of verbal aggression in neglected children in Jambi City with the majority being in the high category with a percentage of 53.2 %. Based on the Pearson correlation test, a significant positive correlation of 0.911 (p0.000 <0.005) was found. This means that high emotional intelligence is related to high verbal aggression, and vice versa. Keywords: Emotional Intelligence, Verbal Aggression, Neglected Children.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Agresivitas verbal, Anak terlantar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: JIHAN AQILLA SAPUTRI
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:16
Last Modified: 15 Sep 2025 08:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85754

Actions (login required)

View Item View Item