Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI MIPA SMAN 1 Muaro Jambi

Andriani, Wahyuni and Bakar, Abu and Haryanto, Haryanto Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. Analisis.

[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (326kB)
[img] Text
06 DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (39kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan pada KI 3 kurikulum 2013 bahwasanya salah satu hal yang harus dipahami, diterapkan dan dianalisis siswa adalah kemampuan metakognisi salah satunya yaitu kemampuan berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran adalah model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model discovery learning dan pengaruhya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa kelas XI MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 5. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model discovery learning baik dari guru maupun dari siswa dan tes essay kemampuan berpikir kreatif. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan model discovery learning dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. Keterlaksanaan model discovery learning oleh siswa sebesar 70,61% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 70,11% dengan kategori baik. Pengaruh keterlaksanaan model discovery learning dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy=0,581 dengan tingkat hubungan sedang dan koefisien determinasinya diperoleh Kd=33,77% dengan tingkat pengaruh rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model discovery learning berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh dengan kategori rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa di kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WAHYUNI ANDRIANI
Date Deposited: 18 Jul 2019 08:52
Last Modified: 18 Jul 2019 08:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item