Maryam, Siti (2025) PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI MAN 5 BATANGHARI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI SITI MARYAM.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (224kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media internet dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MAN 5 Batanghari. Internet sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern memberikan akses informasi yang luas dan cepat, serta berfungsi sebagai sumber belajar tambahan yang potensial bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara bersama guru serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media internet seperti Google Translate dan YouTube telah dimanfaatkan sejak tahun 2020, dengan intensitas penggunaan yang meningkat sejak 2023. Media tersebut dipilih karena kemudahan akses dan kemampuannya dalam membantu siswa memahami materi pelajaran secara lebih efektif. Penggunaan media internet terbukti mempercepat proses pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi ketergantungan siswa terhadap internet dan kendala teknis seperti gangguan jaringan. Sebagai solusi, guru tetap menerapkan metode konvensional sebagai alternatif. Secara keseluruhan, penggunaan media internet memberikan dampak positif terhadap efektivitas, kualitas pembelajaran, dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih aktif memanfaatkan platform pembelajaran online yang interaktif dan menginisiasi sesi diskusi dengan penutur asli bahasa Arab guna meningkatkan kemampuan berbahasa siswa secara lebih optimal. This research aims to analyse the use of internet media in learning Arabic in class XI MAN 5 Batanghari. Internet technology, which has become an integral part of modern life, provides fast and extensive access to information, and serves as a significant additional learning resource for students. This research uses a descriptive qualitative approach, with data obtained through interviews with teachers and students. Research results show that internet media such as Google Translate and YouTube have been used since 2020, with increasing intensity since 2023. The media was chosen because of its ease in helping students understand the subject matter. The use of internet media is considered to accelerate the learning process, increase student motivation, and make learning more interactive and interesting. However, the challenges faced are students' dependence on the internet and technical problems such as network interruptions. To overcome this, teachers use conventional methods as an alternative. Overall, the use of internet media in learning Arabic in class XI MAN 5 Batanghari has a positive impact, increasing the effectiveness and quality of learning, as well as student learning motivation. This research also gives advice for teachers to more often utilise interactive online learning platforms and hold discussion sessions with native Arabic speakers to further improve students' language skills.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media internet, pembelajaran bahasa Arab, motivasi belajar, MAN 5 Batanghari, teknologi informasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | MARYAM |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:10 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |