PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS SMARTPHONE PADA MATERI KARAKTERISTIK GELOMBANG

ANGELINA PAT, ANGGI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS SMARTPHONE PADA MATERI KARAKTERISTIK GELOMBANG. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS SMARTPHONE PADA MATERI KARAKTERISTIK GELOMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (7MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Tanjung, Anggi Angelina PA. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Menggunakan Teknologi Augmented reality Berbasis Smartphone Pada Materi Karakteristik Gelombang. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Astalini, M.Si, Pembimbing (II) Wawan Kurniawan, S.Si., M.Cs Kata kunci : media pembelajaran, smartphone, Augmented reality Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang sudah semakin maju sehingga menuntut media pembelajaran yang lebih variatif. Dengan banyaknya sekolah yang telah memperbolehkan siswa membawa smartphone, maka pengembangan media dengan teknologi Augmented Reality akan sangat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran baik dikelas bersama guru ataupun mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) membantu siswa memahami materi Karakteristik Gelombang melalui media pembelajaran Augmented reality berbasis smartphone, (2) menghasilkan media pembelajaran Fisika materi Karakteristik Gelombang sesuai dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 dengan menggunakan Augmented Reality berbasis smartphone, dan (3) mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran Fisika materi Karakteristik Gelombang dengan menggunakan Augmented Reality berbasis smartphone. Media pembelajaran yang dipadukan dengan teknologi Augmented Reality berbasis smartphone dengan model pembelajaran Problem Based Learning ini memiliki beberapa manfaat yaitu, proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan (development), penerapan (implementasi) dan evaluasi. Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan tim ahli media dan tim ahli materi sebagai validator terhadap produk. Setelah divalidasi lembar kerja siswa elektronik ini kemudian diujicobakan pada kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis smartphone. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil respon siswa kelas XI IPA 2 SMAN 8 Muaro Jambi adalah 72,43%, didapatkan hasil bahwa media pembelajaran ini baik dan menarik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: ANGGI ANGELINA PAT
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:46
Last Modified: 18 Jul 2019 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item