PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF ELEKTRONIK BERBANTUAN GIMKIT PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

AFRIYANA, AFRIYANA (2025) PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF ELEKTRONIK BERBANTUAN GIMKIT PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Afriyana. 2025. Pengembangan Asesmen Formatif Berbantuan Gikmit Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Desy Rosmalinda, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Asesmen Formatif, Gimkit, dan Pelajaran IPAS Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan analisis kebutuhan asesmen formatif elektronik berbantuan Gimkit pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar, 2) mendeskripsikan prosedur pengembangan asesmen formatif elektronik berbantuan Gimkit pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar, 3) mendeskripsikan tingkat validasi pengembangan asesmen formatif elektronik berbantuan Gimkit pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar, 4) mendeskripsikan tingkat kepraktisan pengembangan asesmen formatif elektronik berbantuan Gimkit pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Adapun data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa saran, masukan dan perbaikan dari validator, praktisi serta pendapat peserta didik terkait produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari angket validator, praktisi, dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 84/IV Jambi pada bulan Juni 2025. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi oleh validator, angket praktisi, angket respon peserta didik serta wawancara kepada guru dan peserta didik. Setelah itu, data dianalisis untuk mendapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan asesmen yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa asesmen formatif menggunakan aplikasi Gimkit pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar yang proses pengembangannya melalui model ADDIE. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,14 dengan kategori valid. Hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 3,83 dengan kategori valid, hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor 4 dengan kategori valid, hasil angket respon guru diperoleh skor rata-rata 4,19 dengan kategori praktis, dan hasil angket respon peserta didik uji coba kelompok besar diperoleh skor rata-rata 4,05 dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa asesmen formatif berbantuan aplikasi Gimkit pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar valid dan praktis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Formatif, Gimkit, dan Pelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: AFRIYANA
Date Deposited: 25 Sep 2025 06:35
Last Modified: 25 Sep 2025 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85878

Actions (login required)

View Item View Item