PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL INKUIRI-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI KIMIA

RAMADANI, YULTARI PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL INKUIRI-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI KIMIA. JURNAL PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL INKUIRI-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI KIMIA.

[img] Text
COVER.docx

Download (66kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (192kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Yultari Ramadani. 2019. Pengembangan Prosedur Model Pembelajaran Inkuiri-Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Kimia: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. M Rusdi, S.Pd., M.Sc. (II) M. Haris Effendi S.Pd M.Si., Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemampuan Berargumentasi, Pengembangan Prosedur Model Pembelajaran Dalam mencapai kemampuan berargumnetasi diperlukan model pembelajaran yang memberikan ruang yang cukup untuk siswa. Namun pada kenyataanya dengan menerapkan satu model pembelajaran masih kurang efektif dalam mencapai suatu tujuan dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukan pengembangan prosedur model pembelajaran yang bertujuan dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi kimia. Oleh karena itu peneliti mengabungkan prosedur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prosedur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom dan mengetahui pendapat ahli dan praktisi terhadap kelayakan prosedur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan prosedur model pembelajaran yang mengacu pada penelitian yang dikembangkan oleh Lee J.L dan Jang tipe penelitian F2-O2-S5-A3 Pada tipe ini mengkonstruksi suatu model desain pembelajaran procedural (procedural instructional design model) dengan mengunakan pendekatan practice-driven melalui integrasi pendapat para ahli dan praktisi sebagai refleksi dari pola desain heuristik. Prosedur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom di validasi konsep dan praktisi oleh ahli dan praktisi sebanyak tiga kali pertemuan. Validator ahli (dosen) sebanyak satu orang menila secara konseptual dan teoritis sedangkan validator praktisi (guru) sebanyak 2 orang guru merujuk pada praktik dan pengalaman. Kritik, saran dan pendapat dari validator ahli dan validator praktisi akan membantu memperbaiki model pembelajaran yang dikembangkan sehinga didapat hasil penelitian yaitu prosedur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan berargumnetasi kimia secara konseptual. Hasil pengembangan prosedur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom secara koseptual yang divalidasi oleh ahli dan praktisi sebanyak tiga kali pertemuan dinyatakan layak secara konseptual dan teoritis Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prosedur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan berargumnetasi kimia layak secara konseptual dan teoritis.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: YULTARI RAMADANI
Date Deposited: 18 Jul 2019 08:53
Last Modified: 18 Jul 2019 08:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8598

Actions (login required)

View Item View Item