INSANIYAH, JAMILATUL ANALISIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE SISWA YANG MEMILIKI KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. JURNAL ANALISIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE SISWA YANG MEMILIKI KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS.
Text
COVER.docx Download (36kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (253kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
|
Text
BAB 5 SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf Download (97kB) |
Abstract
ABSTRAK Jamilatul Insaniyah. 2019. Analisis Tahap Berpikir Van Hiele Siswa yang Memiliki Kecerdasan Spasial pada Materi Teorema Pythagoras: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Husni Sabil,M.Pd., (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : tahap berpikir Van Hiele, siswa Spasial,teorema Pythagoras Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis tahap berpikir Van Hiele siswa yang memiliki kecerdasan spasial pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya geometri bagi siswa. Sehingga penting untuk mengetahui tahap berpikir geometri siswa berdasarkan teori Van Hiele. Tiap tingkatan menggambarkan proses pemikiran yang diterapkan dalam konteks geometri yaitu tahap 0 (visualisai), tahap 1 (analisis), tahap 2 (deduksi informal), tahap 3 (deduksi), dan tahap 4 (rigor). Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang memiliki kecerdasan spasial tertinggi di kelas IXa SMP Negeri 15 Batanghari. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tahap berpikir Van Hiele. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan spasial melewati tahap berpikir Van Hiele tahap 0 (visualisasi) dan tahap 1 (analisis). Siswa yang memiliki kecerdasan spasial telah mencapai level 0 mengenal bentuk-bentuk geometri dari karakteritik visual dan penampakannya tetapi belum dapat memahami dan menentukan sifat geometri dan karakteristik bangun yang ditunjukkan. Kemudian siswa yang memiliki kecerdasan spasial karena telah mencapai level 1 dapat menentukan sifat-sifat suatu bangun dengan melakukan pengamatan tetapi belum dapat melihat hubungan antaran beberapa bangun geometri. HALAMAN PERSETUJUAN Skripsi berjudul Analisis Tahap Berpikir Van Siswa yang Memiliki Kecerdasan Spasial pada Materi Teorema Pythagoras. Skripsi program studi pendidikan matematika, yang disusun oleh Jamilatul Insaniyah A1C214043 telah diperiksa dan disetujui untuk diuji. Jambi, 2019 Pembimbing I Drs. Husni Sabil, M.Pd NIP. 196612141994021001 Jambi, 2019 Pembimbing II Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd NIP. 198602032012122002
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | JAMILATUL INSANIYAH |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 08:40 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 08:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8601 |
Actions (login required)
View Item |