INDRI WULANDARI, DIAH MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA TOPIK KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA TOPIK KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA KELAS IV SEKOLAH DASAR.
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
||
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (174kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
Abstract
ABSTRAK Wulandari, Diah Indri. 2019. Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa Dengan Menggunakan Model Role Playing Pada Topik Kenaekaragaman Suku Bangsa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Arsil M.Pd., (II) Muhammad Sofwan S.Pd M.Pd Kata Kunci : Sikap Toleransi. Model role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap toleransi sebelum menggunakan model role playing, Sikap toleransi setelah menggunakan model role playing, respon peserta didik dalam menggunakan model role playing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu thap perencanaan, pelaksnaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini sisa kelas IV SDN 40/I Bajubang Laut yang dilaksnakan pada 18 Februari sampai dengan 18 Maret 2019. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket dan wawancara untuk mengetahui sikap toleransi peserta didik. Setelah observasi, angket dan wawancara dilakukan kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitaf dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap toleransi peserta didik masih rendah, sebelum menggunakan model role playing terdapat 3 peserta didik yang dikategorikan bersikap toleransi cukup baik dengan persentase 39% dan setelah menggunakan model role playing yaitu pada siklus I pertemuan I terdapat 2 peserta didik yang dikategorikan bersikap cukup toleransi dan 2 peserta didik dikategorikan mampu bersikap toleransi dengan persentase 55 % dan pada pertemuan II terdapat 6 peserta didik yang dikategorikan bersikap cukup toleransi dan 4 peserta didik mampu bersikap toleransi dengan persentase 62% . Selanjutnya pada siklus II pertemuan I terdapat 3 peserta didik yang dikategorikan bersikap cukup toleransi dan7 peserta didik mampu bersikap toleransi dengan persentase 71 % dan pada pertemuan II terdapat 10 peserta didik yang mampu bersikap toleransi dengan persentase 81%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sikap toleransi secara klasikal 81% dari jumlah peserta didik. Respon peserta didik dengan menggunakan model role playing dalam pembelajaran tematik tema 7 Indahnya Keanekaragaman Negeriku. Dari hasil penelitian disarankan agar guru dapat menerapkan model role playing untuk meningkatkan sikap toleransi pada peserta didik. Sebaiknya peserta didik dapat terus belajar dan menghargai perbedaan yang ada di lingkungan kelas, sekolah maupun masyarakat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DIAH INDRI WULANDARI |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 02:42 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 02:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8611 |
Actions (login required)
View Item |