KHAIRANI OKTAVIA, NYIMAS PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD. JURAL PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD.
Text
COVER.docx Download (153kB) |
||
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (144kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (88kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Khairani, N. O. 2019. “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD”. Skripsi Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I dan Pembimbing II Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran IPA kelas V melalui model inkuiri terbimbing dan memperbaiki proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil berupa data observsi melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model Inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model inkuir terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran IPA kelas V. Berdasarkan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan hasil evaluasi menunjukkan adanya penigkatan, dengan hasil persentase aktivitas belajar siswa sebesar 68,8% dengan kategori kurang pada siklus I dan 80% dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran IPA kelas VC SDN 66/IV Kec.Telanaipura Kota Jambi dapat meningkat setelah diterapkan model inkuiri terbimbing.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NYIMAS KHAIRANI O |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 03:53 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 03:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8613 |
Actions (login required)
View Item |