Eldiana, Nadia and Destrinelli, Destrinelli and Rosyadi, Akhmad (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK MELALUI PENDIDIKAN SENI TARI USIA 4-5 TAHUN DI TK MUTIARA INDAH MERANGIN. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi (IKIP Siliwangi), 8 (4). ISSN 2355-9004
![]() |
Text
Jurnal.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak usia 4-5 tahun melalui pendidikan seni tari di TK Mutiara Indah Merangin. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak-anak yang berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi untuk mengetahui perkembangan motorik anak selama proses kegiatan tari berlangsung. Dari nilai pra-tindakan, nilai rata-rata siswa masih tergolong rendah yaitu 66,0 dengan persentase ketuntasan 85,0%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 69,0 dengan persentase 75,0% pada pertemuan pertama, kemudian meningkat menjadi 74,0 dengan persentase 77,0% pada pertemuan kedua, dan stabil di nilai rata-rata 77,0 dengan persentase 77,0% pada pertemuan ketiga. Siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata 96,0 dan persentase 96,5% pada pertemuan pertama. Nilai ini kembali meningkat pada pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 97,0 dan persentase 97,5%. Pada pertemuan ketiga, nilai rata-rata dan persentase sedikit turun menjadi 90,0%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik anak, baik motorik kasar maupun halus, melalui gerakan tari yang terstruktur dan menyenangkan, seperti gerakan tangan, kaki, dan koordinasi tubuh sesuai irama musik. Pada pra-tindakan, kemampuan motorik anak masih tergolong rendah, namun setelah pelaksanaan pendidikan seni tari secara berkelanjutan, terjadi peningkatan yang signifikan pada aspek kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi gerak anak. Dengan demikian, pendidikan seni tari dapat dijadikan sebagai salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia dini di TK. Kata kunci : Pendidikan Seni Tari, Kemampuan Motorik, AnakUsia 4-5 Tahun
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NADIA ELDIANA |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |