ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

ANDRI, ANDRI and Harizon, Harizon and Bakar, Abu ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
04. HALAMAN PENGESAHAN DEKAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI andri.pdf

Download (17kB)
[img] Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang ada di sekolah dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak terangsang untuk berpikir kritis. untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem periodik unsur di SMAN 11 Kota Jambi Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving baik dari guru maupun siswa, dan tes essay keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving baik siswa maupun guru mengalami peningkatan setiap pertemuan dengan persentase model oleh siswa sebesar 71,5% dikategorikan baik, dan persentase berpikir kritis siswa sebesar 71,9% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving dengan keterampilan berpikir kritis dikategorikan sedang dengan nilai rxy 0,54. Kemudian dilakukan analisis koefisien determinasi didapatkan sebesar 29% dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem solving terlaksana dengan baik dan berpengaruh pada materi sistem perdiodik unsur di kelas X MIPA 2 SMAN 11 Kota Jambi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDRI
Date Deposited: 19 Jul 2019 05:21
Last Modified: 19 Jul 2019 05:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8621

Actions (login required)

View Item View Item