STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PADA SISWA KELAS III Di SEKOLAH DASAR NEGERI NO.35/I TEBING TINGGI

ANDRIANY, RENNY STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PADA SISWA KELAS III Di SEKOLAH DASAR NEGERI NO.35/I TEBING TINGGI. JURNAL STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PADA SISWA KELAS III Di SEKOLAH DASAR NEGERI NO.35/I TEBING TINGGI.

[img] Text
COVER.docx

Download (164kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Andriany, Renny. 2019.“ Strategi guru dalam membentuk karakter mandiri pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri No.35/I Tebing Tinggi” Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi.Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan,S.Pd,M.Si dan Pembimbing (II) Ahmad Hariandi, S.Pd,M.Ag . Kata kunci: Strategi Guru, Karakter mandiri. Penelitian ini berlatar belakang ditemukan kemandirian belajar siswa kelas III SDNNo.35/I Tebing Tinggi belum optimal Hal ini tampak ketika diberi pertanyaan, siswa masih takut untuk menjawab. Ketika mengerjakan soal latihan yang seharusnya dikerjakan sendiri, siswa juga tidak yakin dengan jawabannya sendiri sehingga menyontek jawaban teman. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi guru dalam membentuk karakter mandiri siswa kelas III di Sekolah dasar Negeri No.35/I Tebing Tinggi Kecamatan Pemayung. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 35/I Tebing Tinggi. Pada bulan Maret-April 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, selanjutnya wawancara kepada kepala sekolah dan guru, dan mengumpulkan dokumentasi berupa dokumen dan gambar. Selanjutnya data dianalisis dengan mereduksi data, mendisplay data dan melakukan verification. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti, strategi guru dalam membentuk karakter mandiri pada siswa sudah terlaksana dengan baik, hanya saja ditemukan sedikit masalah diindikator waktu yang diberikan dan jadwalnya, karena semua tergantung kepada keiinginan anak yang mengalami kesulitan, jika anak tersebut tidak berkeinginan maka waktu yang telah dibuat atau di jadwal oleh guru tidak terlaksana dengan baik Dapat disimpulkan bahwa guru telah mengunakan strategi dalam membentuk karakter mandiri pada siswa kelas III SDN N0. 35/I Tebing Tinggi, telah terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dari lima indikator yang diteliti oleh peneliti mandiri dalam mengerjakan tugasnya, tidak ditemukan tugas yang dikerjakan oleh orang tuanya lagi, tidak mencontek saat mengerjakan latihan/ujian, mengumpulkan tugas tepat waktu selalu bertanya kepada gurunya apa yang tidak dimengerti, hanya saja satu indikator yang tidak terlaksana dengan baik yaitu bimbingan, karena bimbingan akan bisa berlangsung jika siswa mau dan orang tuanya juga menginginkan anaknya mandiri. Dari hasil penelitian ini disarankan agar sekolah selalu melakukan dengan komunikasi dengan orangtua, guru perlu mengingatkan serta memberi arahan bagi peserta didik dalam menerapkan kegiatan pembiasaan dan siswa diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran pentingnya mematuhi aturan tata tertib, serta meningkatkan kualitas karakter.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RENNY ANDRIANY
Date Deposited: 19 Jul 2019 08:37
Last Modified: 19 Jul 2019 08:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8622

Actions (login required)

View Item View Item