Sary, Reni Novita Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Motode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VIII C Smp Negeri 14 Kota Jambi. jurnal Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Novitasary, Reni. 2019. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Picture And Picture pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 14 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mujiyono Wiryotinoyo, M.Pd., (II) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Eksplanasi, dan Metode Picture And Picture. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi melalui metode Picture And Picture pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 14 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Jambi pada Februari 2019. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menggunakan metode picture and picture pada proses pembelajaran, kemudian dilakukannya pengamatan dan pemberian tugas kepada siswa berupa menulis teks eksplanasi (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Melalui penggunaan metode yang berbeda dari sebelumnya diharapkan siswa mampu memahami pelajaran dengan baik. Dalam penelitian ini penggunaan metode dilaksanakan berdasarkan RPP yang telah dipersiapkan sebelumnya. Setelah seluruh data telah diperoleh, data dianalisis secara deskriptif kuantitaif dengan menggunakan penilaian yang mengaitkan guru dan peneliti sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), oleh karena itu penelitian dilakukan selama dua siklus untuk memperoleh data yang jelas dan tepat. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode picture and picture siswa mampu memahami dan menulis teks eksplanasi dengan nilai yang diharapkan (mencapai nilai KKM dan lebih). Untuk itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk memahami kesulitan siswa dalam belajar dan memperhatikan penggunaan metode pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RENI NOVITA SARY |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 03:58 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |