Safa, Luthfia (2025) Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Artificial Intelligence Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas XI Fase F SMA Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21. Pentingnya keterampilan kolaborasi ditekankan pada kurikulum merdeka. Indikator keterampilan kolaborasi meliputi berkontribusi secara aktif, bekerja secara produktif, menunjukkan sikap tanggungjawab, fleksibilitas, kompromi dan sikap saling menghargai. Keterampilan kolaborasi siswa faktanya masih tergolong rendah. Sejalan dengan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 10 Kota Jambi, keterampilan kolaborasi siswa masih belum optimal dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan dengan menggunakan model PjBL karena menekankan siswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Penerapan model PjBL dapat disertai dengan perangkat Artificial Intelligence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model PjBL berbantuan AI terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian ini terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah One-Way ANCOVA. Hasil uji One- Way ANCOVA menunjukkan p = 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan terhadap keterampilan kolaborasi siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL berbantuan AI dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan efektivitas model PjBL berbantuan AI terhadap keterampilan kolaborasi dibandingkan model PjBL tanpa bantuan AI.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AI, Keterampilan Kolaborasi, PjBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LUTHFIA SAFA |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 07:36 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |