PERSEPSI GURU TERHADAP PERSIAPAN DIRI DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 13/1 MUARA BULIAN

Rosidah, Rosidah (2025) PERSEPSI GURU TERHADAP PERSIAPAN DIRI DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 13/1 MUARA BULIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rosidah. 2025. Persepsi Guru Terhadap Persiapan Diri dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka di Sd Negeri 13/1 Muara Bulian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr, Yantoro, M.Pd. Pembimbing (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: persiapan diri guru, menghadapi kurikulum merdeka Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan persepsi guru terhadap persiapan diri dalam menghadapi kurikulum merdeka di Sd Negeri 13/1 Muara Bulian, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persiapan diri guru di Sd Negeri 13/1 Muara Bulian. Penelitian ini dilakukan di Sd Negeri 13/1 Muara Bulian, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas I C, guru wali IV C dan guru bidang studi (pjok) di Sd Negeri 13/1 Muara Bulian yang berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian, didapati bahwa persepsi guru terhadap persiapan diri menunjukkan persepsi yang positif dimana para guru mengungkapkan bahwa persiapan diri sangatlah penting untuk dilakukan, para guru sudah mulai mempersiapkan diri mereka masing-masing. Adapun persiapan diri yang dilakukan oleh guru yaitu: mencari informasi mengenai kurikulum merdeka lewat banyak hal, seperti mencari di internet, atau menggunakan platform merdeka mengajar. Para guru juga mengikuti seminar yang di fasilitasi oleh sekolah agar bisa lebih memahami kurkulum merdeka, berdiskusi dengan sesama guru, dan juga belajar menggunakan teknologi yang akan diterapkan pada saat proses pembelajaran maupun dalam proses penilaian, selain itu adapun faktor-faktor yang mempengaruhi persiapan diri guru dalam mempersiapkan diri mereka adalah yang pertama kepemimpinan, kedua motivasi menjadi guru yang menyenangkan, dan ketiga adalah peserta didik. Selain itu ada faktor pengembangan kurikulum yang relevan, menggunakan metode pembelajaran yang inovatif, mengembang profesionalisme guru, dan juga kolaborasi dan berkomunikasi dengan orang tua. Dari hasil penelitian ini disarankan, Guru diharapkan tidak menyerah dan terus-menerus mempersiapkan diri seperti menambah wawasan dan pengetahuan tentang kurikulum merdeka dari berbagai sumber dan juga fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah, serta sekolah. Sekolah diharapkan bisa terus mendukung para guru agar bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kurikulum merdeka ataupun kurikulum baru melalui fasilitas-fasilitas yang bisa sekolah sediakan untuk para guru. Rosidah. 2025. Teachers' Perceptions of Self-Preparation for Facing the Independent Curriculum at Sd Negeri 13/1 Muara Bulian. Thesis, Elementary School Education Study Program, Department of Early Childhood and Elementary Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University, Supervisor (I) Dr. Yantoro, M.Pd. Supervisor (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Keywords: teacher self-preparation, facing the independent curriculum This study aims to, (1) describe teachers' perceptions of self-preparation in facing the independent curriculum at Sd Negeri 13/1 Muara Bulian, (2) describe factors that can influence teachers' self-preparation at Sd Negeri 13/1 Muara Bulian. This study was conducted at Sd Negeri 13/1 Muara Bulian, This study is a descriptive qualitative study with data collection techniques using interviews and documentation. The subjects in this study were the principal, homeroom teacher of class I C, homeroom teacher IV C and subject teachers (Pjok) at Sd Negeri 13/1 Muara Bulian, totaling 4 people. Based on the research results, it was found that teachers' perceptions of self-preparation showed a positive perception where teachers expressed that self-preparation is very important to do, teachers have begun to prepare themselves. The self-preparation carried out by teachers includes: seeking information about the independent curriculum through various means, such as searching on the internet, or using the independent teaching platform. Teachers also attended seminars facilitated by the school to better understand the independent curriculum, discussing with fellow teachers, and also learning to use technology that will be applied during the learning process and in the assessment process, in addition, the factors that influence teachers' self-preparation in preparing themselves are first, leadership, second, motivation to be a fun teacher, and third are students. In addition, there are factors of relevant curriculum development, using innovative learning methods, developing teacher professionalism, and also collaboration and communication with parents. Based on the results of this study, it is recommended that teachers remain resilient and continue preparing themselves, by expanding their knowledge and understanding of the Merdeka curriculum from various sources and through facilities provided by the government and schools. Schools are expected to continue supporting teachers to ensure they are well-prepared for both the Merdeka curriculum and the new curriculum through the facilities they can provide.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persiapan diri guru, menghadapi kurikulum merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ROSIDAH
Date Deposited: 15 Oct 2025 00:55
Last Modified: 15 Oct 2025 00:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86527

Actions (login required)

View Item View Item