Ruswandi, Muhammad Abqari Ryvi (2025) Survei Sarana dan Prasarana Pendidkan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri Terakreditasi A Di Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Revisian Abqari.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Sampul kaka.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan dan kondisi fasilitas dan prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di sekolah menengah pertama (SMP) negeri terakreditasi A di Kota Jambi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik survei dan lembar observasi sebagai alat pengumpulan data. Subjek penelitian adalah tiga SMP negeri terakreditasi A di Kota Jambi: SMPN 11, SMPN 16, dan SMPN 24. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan pejabat sekolah, guru PJOK, dan siswa. Penilaian didasarkan pada standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana. Hasil: Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketiga sekolah belum sepenuhnya memenuhi standar yang ditetapkan. SMPN 11 memiliki 9 fasilitas peralatan yang sesuai dan 7 yang tidak sesuai, serta 6 prasarana yang sesuai dan 7 yang tidak sesuai SMPN 16 memiliki 7 fasilitas peralatan yang sesuai dan 9 yang tidak sesuai, serta 6 prasarana yang sesuai dan 7 yang tidak sesuai. SMPN 24 menunjukkan kondisi terbaik dengan 10 fasilitas peralatan yang sesuai dan 6 yang tidak sesuai, serta 9 prasarana yang sesuai dan 4 yang tidak sesuai. Implikasi: Ketersediaan fasilitas dan prasarana yang memadai secara signifikan memengaruhi efektivitas pembelajaran PJOK dan prestasi siswa dalam olahraga. Sekolah memerlukan perencanaan strategis dan peningkatan alokasi anggaran untuk pengembangan fasilitas guna mengoptimalkan kualitas pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas, Infrastuktur, Pendidikan Jasmani, Sekolah Menengah Pertama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | RUSWANDI |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 07:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 07:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |