HAIRANI, HAIRANI STRATEGI PENERAPAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. JURNAL STRATEGI PENERAPAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.
Text
cover.pdf Download (99kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (151kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) |
|
Text
BAB I. PENDAHULUAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
BAB V. SIMPULAN.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Hairani.2019.Strategi Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar:Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan S.Pd.,M.Si., (II) Alirmansyah S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Strategi Penerapan, Program PPK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penerapan program penguatan pendidikan karakter di SD N 47 Kota Jambi dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam melaksanakan program penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 47/IV Kota Jambi pada bulan Maret-April 2019, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, selanjutnya wawancara kepada kepala sekolah dan guru, dan mengumpulkan dokumentasi berupa dokumen dan gambar. Selanjutnya data dianalisis dengan mereduksi data, mendisplay data dan melakukan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SD N 47 Kota Jambi sudah menerapkan program PPK dengan baik, namun dalam penerapanya masih terdapat siswa yang melalukan pelanggaran. Setiap siswa yang memiliki perilaku baik akan diberi hadiah, sedangkan siswa yang melakukan pelanggaran akan diberikan hukuman. Penerapan program penguatan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembiasaan, mengkomunikasikan dengan orangtua, kegiatan ekstrakurikuler, dan pada proses pembelajaran. Dalam pelaksanaanya didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari orangtua serta peran guru. Selain itu ada beberapa faktor yang mengambat terlaksananya program PPK yaitu kurangnya kesadaran dari peserta didik, kurangnya konsistensi dari orangtua dan juga guru. Masalah yang menghambat terlasananya penerapan PPK tidak dibiarkan saja, kepala sekolah dan guru tentunya mengupayakan solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang ada. Dari hasil penelitian ini disarankan agar sekolah selalu melakukan dengan komunikasi dengan orangtua, guru perlu mengingatkan serta memberi arahan bagi peserta didik dalam menerapkan kegiatan pembiasaan dan siswa diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran pentingnya mematuhi aturan tata tertib, serta meningkatkan kualitas karakter.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HAIRANI |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 04:00 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8655 |
Actions (login required)
View Item |