ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN KORELASINYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA MAN 5 BATANGHARI

Hidayati, Anisa and Harizon, Harizon and Bakar, Abu ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN KORELASINYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA MAN 5 BATANGHARI. Analisis.

[img] Text
BAB_I[1].pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (148kB)
[img] Text
HALAMAN_PENGESAHAN[1].pdf

Download (867kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (163kB)
[img] Text
COVER[1].pdf

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa. Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan laboratorium virtual merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berbantuan laboratorium virtual dan korelasinya terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran dengan jenis model sequential exploratory. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA MAN 5 Batanghari sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berbantuan laboratorium virtual baik dari guru maupun siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berbantuan laboratorium virtual dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berbantuan laboratorium virtual oleh siswa sebesar 62,53% dikategorikan baik dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 70,29% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berbantuan laboratorium virtual dengan keterampilan proses sains siswa dikategorikan sedang dengan nilai rxy = 0,593. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berbantuan laboratorium virtual berjalan dengan baik dan ada korelasinya terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa MAN 5 Batanghari.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANISA HIDAYATI
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:32
Last Modified: 22 Jul 2019 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8662

Actions (login required)

View Item View Item