Manik, Idaramayana and Sadikin, Ali and Mataniari, Raissa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Full SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
Bab I Pendahuluan.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
Bab v KESIMPULAN, IMPILKASI DAN SARAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
Surat Pengesahan.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (112kB) |
Abstract
Kata Kunci: Argument Driven Inquiry, Keterampilan Argumentasi Ilmiah Pembelajaran saat ini memuat keterampilan abad 21 yang menghadirkan tantangan meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Kurangnya keterampilan argumentasi peserta didik akan mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran serta keterlibatan peserta di dalam kelas kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran melalui model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan mengontrol argumentasi awal peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA negeri 9 kota Jambi jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalrnt pretest posttest control grup desain. Subjek penelitian menggunakan kelas X Fase E SMA negeri 9 kota Jambi. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive samping. Sampel penelitian yang diambil terdiri dari satu kelas eksperimen (E1) dan satu kelas kontrol (E2). Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa wawancara langsung bersama guru, dokumentasi pelaksanaan, instrumen pengumpulan data melalui tes essay menggunkan indikator Toulmin berupa pretest dan posttest, serta rubrik penilaian essay argumentasi ilmiah instrumen telah dinilai valid secara isi dan empiris serta reliabel. Analis analisis data observasi keterlaksanaan sintak dengan mengisi lembar observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji hipotesis non parametrik Quade’s Rank Analysis of covariance. Jenis penelitian yang digunakna dalam penelitian yang dilaksankan adalah Quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Sampel yang diambil yakni satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa wawancara langsung bersama guru, Test Essay serta dokumentasi penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian telah divalidasi oleh kedua dosen pembimbing. Penelitian menggunkan teknik analisis data yaitu uji hipotesis non parametrik yakni Quade’s Rank Analysis of covariance. Hasil penelitian yang diperoleh pada keterampilan argumentasi ilmiah pada kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan yang signifikan yaitu ada kelas kontrol sebesar 56,5 dan pada kelas eksperimen sebesar 71,2. Berdasarkan uji hipotesis non parametrik Quade’s Rank Analysis of covariance menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajan Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kata kunci: Argument Driven Inuiry, Keterampilan Argumentasi Ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | MANIK |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:37 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 08:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |