ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X MIPA DI SMA N 10 KOTA JAMBI

FIRDA RUMANDA, SHEIRA ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X MIPA DI SMA N 10 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X MIPA DI SMA N 10 KOTA JAMBI.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (51kB)
[img] Text
halaman pengesahan.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Rumanda, Sheira Firda. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Konsep Mol Kelas X MIPA di SMA N 10 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I): Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si dan Pembimbing (II): Dra. Fatria Dewi, M.Pd Kata kunci: Team Assisted Individualization, Kemampuan Berfikir Kritis dan Konsep Mol Salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunkan model pembelajaran team assisted individualization (TAI). Pada model pembelajaran TAI ini siswa diarahkan untuk melakukan pembelajaran secara individu terlebih dahulu, setelah memperoleh pengetahuan secara individu lalu di diskusikan bersama teman satu kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran TAI dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi konsep mol kelas X MIPA SMA N 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mixed method) dengan jenis model sequential exploratory. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu X MIPA 1. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model dan tes essay. Korelasi keterlaksanaan model TAI dengan kemampuan berpikir kritis siswa dicari dengan korelasi product moment. Keterlaksanaan model TAI oleh guru dan siswa telah terlaksana sesuai prinsip model TAI setiap pertemuannya. Korelasi keterlaksanaan model TAI terhadap kemampuan berpikir kritis dikategorikan kuat dengan rata-rata 0,78. Dengan koefisien determinasinya 0,62. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model TAI sebsesar 62% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model TAI di kelas X MIPA 1 SMA N 10 Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik serta terdapat pengaruh penggunaan model TAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SHEIRA FIRDA RUMANDA
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:41
Last Modified: 23 Jul 2019 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8678

Actions (login required)

View Item View Item