PUSPITA S, AYU PENGARUH BERMAIN KREATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) MELATI BAKUNG KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH BERMAIN KREATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) MELATI BAKUNG KOTA JAMBI.
Text
COVER-1.doc Download (547kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (218kB) |
|
Text
DAFTAR ISI-1.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB I-1.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB V-2.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Ayu Puspita. 2019. Pengaruh Bermain Kreatif Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Melati Bakung Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag.,M.Pd.I Kata Kunci: Bermain Kreatif, Perkembangan Sosial Salah satu tahap perkembangan pada anak usia dini adalah perkembangan Sosial. Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Salah satu kegiatan dalam permainan untuk mengembang sosial anak yaitu melalui pendekatan bermain yang kreatif, interaktif, dan terintegrasi dengan lingkungan bermain anak. Penekanan dari bermain kreatif adalah perkembangan kretivitas dari anak-anak, semua anak usia dini memiliki potensi kreatif tetapi perkembangan kreativitas sangat individual dan bervariasi antar anak yang satu dengan anak yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kreatif terhadap perkembangan sosial anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) Melati Bakung Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Jenis metode eksperimen penelitian yang dipakai menggunakan rancangan Pretest-Postest Control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di Kelompok Bermain (KB) Melati Bakung Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling sebanyak 25 yang berada pada kelompok B1 dan B2 di Kelompok Bermain (KB) Melati Bakung Kota Jambi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa perkembangan sosial anak usia dini baik dikelas control (B2) maupun kelas eksperimen (B1) masih rendah. Rata-rata nilai perkembangan sosial anak usia dini pada kelas B2 sebesar 49,83% dan pada kelas B1 rata-rata sebesar 50,46% dan berada pada kategori cukup. Selanjutnya hasil posttest menunjukkan bahwa perkembangan sosial anak usia dini setelah diberi perlakuan bermai kreatif menunjukkan adanya perkembangan. Dalam hal ini kelas B2 sebagai kelas control dan tidak diberi perlakuan berupa bermain kreatif memilii rata-rata perkembangan sosial sebesar 50,25% berada pada kategori cukup. Sedangkan kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan diberi perlakuan berupa bermain kreatif memiliki rata-rata perkembangan sosial sebesar 75,31% dan berada pada kategori baik. Nilai signifikansi hasil uji-t sebesar 0,000 (α<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada perkembangan sosial anak antara kelas perlakuan dengan kelas kontrol. Sehingga bermain kreatif memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial ana di Kelompok Bermain (KB) Melati Bakung Kota Jambi. Kesimpulan bahwa bermain kreatif berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sosial anak usia dini di sekolah tersebut. Hal ini terbukti dari hasil uji-t yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (α<0,05) artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata perkembangan sosial anak pada kelas control dan kelas perlakuan dengan kategori sangat rendah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AYU PUSPITA. S |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 03:41 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8679 |
Actions (login required)
View Item |