PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP N 1 PELEPAT ILIR

santoso, rio PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP N 1 PELEPAT ILIR. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP N 1 PELEPAT ILIR. (Submitted)

[img] Text
0. cover 2-dikonversi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Document1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Rio Santoso. 2019. “Pengaruh penggunaan metode Make a Match terhadap Hasil belajar IPS Terpadu siswa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pelepat Ilir”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Fachrudiansyah Muslim, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Metode Make A Match, Hasil Belajar IPS Berdasarkan hasil wawancara singkat pada guru ekonomi di sekolah menunjukan bahwa data hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pelepat Ilir yang terdiri dari 105 orang siswa, yang memperoleh nilai = 70 hanya 34 orang siswa atau 32.38%, yang memperoleh nilai >70, sebanyak 71 orang siswa atau sekitar 67.62% nilai di bawah KKM. Nilai tersebut masih tergolong rendah dari nilai KKM untuk mata pelajaran ekonomi yaitu 70 (KTSP). Rendahnya nilai perolehan hasil belajar siswa disebabkan karena setiap siswa kurang aktif dan juga rendahnya perhatian siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Make a Match terhadap Hasil belajar IPS Terpadu siswa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pelepat Ilir. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasi Experimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara purposive sampling. Pengambilan sampel penelitian adalah siswa kelas VII B dan VII C. Karena kelas tersebut memiliki nilai rata-rata ulangan harian yang sama-sama tidak mencapai nilai KKM. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan penerapan metode Make a Match sedangkan kelas kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil uji hipotesis dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 6.529221 > 1,6672 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 69 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6672 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penggunaan metode make a match terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pelepat Ilir. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan metode Make a Match terhadap Hasil belajar IPS Terpadu siswa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pelepat Ilir. sa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: RIO SANTOSO
Date Deposited: 23 Jul 2019 06:51
Last Modified: 23 Jul 2019 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8681

Actions (login required)

View Item View Item