PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP MENGGUNAKAN APLIKASI MIND MASTER PADA MATERI TAKSONOMI MONERA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI

PUSPITA, RATI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP MENGGUNAKAN APLIKASI MIND MASTER PADA MATERI TAKSONOMI MONERA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP MENGGUNAKAN APLIKASI MIND MASTER PADA MATERI TAKSONOMI MONERA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
halaman pengesahan.docx

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
7. BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Puspita, Rati. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Map Menggunakan Aplikasi Mind Master pada Materi Taksonomi Monera untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi: Skripsi, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si., (2) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Mind Map, Mind Master, Taksonomi Monera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis mind map mengunakan aplikasi mind master pada materi Taksonomi Monera untuk mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Jambi. Jenis penelitiannya adalah R&D, menggunakan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek ujicoba produk sebanyak 28 mahasiswa pendidikan biologi Universitas Jambi semester 6 yang telah mengontrak matakuliah Taksonomi Monera dan Protista, terdiri dari 8 mahasiswa kelompok kecil, sedangkan kelompok besar terdiri dari 20 mahasiswa. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif melalui angket. Hasil validasi ahli materi sebanyak 2 kali dengan hasil akhir sebesar 78% (sangat baik). Hasil validasi ahli media sebanyak 2 kali dengan hasil akhir 98% (sangat baik). Sedangkan hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase akhir dari setiap indikator 88,6%(sangat baik) dan kelompok besar diperoleh persentase hasil akhir dari setiap indikator 88,6% (sangat baik). Persepsi 1dosen matakuliah Taksonomi Monera dan Protista terhadap produk yaitu dengan persentase 76%(sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebutdapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar berbasis mind map menggunakanaplikasi Mind Master pada materi Taksonomi Monera untuk mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa dalam mempelajari materi Taksonomi Monera.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: RATI PUSPITA
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:14
Last Modified: 23 Jul 2019 07:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8691

Actions (login required)

View Item View Item