PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LERANING PADA MATAPELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/ 2019

Akbar, Ali PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LERANING PADA MATAPELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/ 2019. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LERANING PADA MATAPELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/ 2019. (Submitted)

[img] Text
0. cover 2.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (167kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 1 revisi.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK Akbar, Ali. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Leraning Pada Matapelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Ips Sma N 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, ME., (II) Dr. Rosmiati, M.Pd Kata Kunci: Discovery Leraning, Hasil Belajar, Inquir Ketika proses pembelajaran ekonomi masih banyak siswa yang mengalami masalah hingga berdampak pada hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hal ini ditandai saat belajar siswa sibuk dengan urusan sendiri diluar konteks pembelajaran saat pembelajaran di kelas, mengganggu teman, siswa hanya mendengar dan mencatat dan siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan guru terlalu sering menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran discovery leraning pada matapelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan penilaian menggunakan lembar pengamatan selama proses pembelajaran dan memberikan tes kepada siswa yang sebelumnya diberikan perlakuan terlebih dahulu menggunakan model pembelajaran Discovery Leraning dan Inquiry. Setelah dilakukan tes, hasil penghitungan dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Discovery Leraning terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan melalui penghitungan yang dinilai oleh peneliti saat mengajar di kelas yaitu sebesar 93% untuk kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model Inqury mendapat skor lebih rendah yaitu sebesar 77%, Hal tersebut terlihat pada hasil rata-rata penilaian kelas eksperimen (82) lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran inquiry (76). Dan dengan melihat hasil uji t-test dengan perolehan hasil koofisien t hitung > t tabel (2,870 > 2,000). yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kesimpulannya Penerapan Model pembelajaran Discovery Learning lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di bandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry di kelas x ips di SMA Negeri 7 Kota Jambi Berdasarkan kesimpulan tersebut maka, sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ALI AKBAR
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:43
Last Modified: 23 Jul 2019 07:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8695

Actions (login required)

View Item View Item