Penerapan Model Collaborative Learning Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pembelejaran Sejarah Kelas XI SMA N 1 Kota Jambi

tidak ada nama belakang, Nabila (2025) Penerapan Model Collaborative Learning Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pembelejaran Sejarah Kelas XI SMA N 1 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (346kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (210kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
SKRIPSI NABILA SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (399kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis Mind Mapping dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran tersebut dapat mendorong peningkatan kreativitas siswa. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat tahap utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 36 siswa kelas XI, yang menjadi partisipan dalam proses pembelajaran selama dua siklus. Untuk memperoleh data tentang tingkat kreativitas belajar siswa, peneliti menggunakan instrumen berupa angket yang dikembangkan berdasarkan indikator kreativitas tertentu. Instrumen ini dirancang untuk mengukur secara kuantitatif perubahan kreativitas siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran diterapkan. Hasil dari analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kreativitas siswa setelah penggunaan model Collaborative Learning berbasis Mind Mapping. Pada siklus I, capaian kreativitas siswa berada pada angka 42% di tindakan I dan 50% di tindakan II. Setelah dilakukan evaluasi dan perbaikan, proses pembelajaran dilanjutkan ke siklus II, di mana hasilnya meningkat menjadi 72% di tindakan I dan 85% di tindakan II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan tidak hanya membantu siswa memahami materi, tetapi juga mendorong kemampuan berpikir kreatif selama pembelajaran sejarah berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Collaborative Learning, Mind Mapping, Kreativitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: NABILA
Date Deposited: 27 Oct 2025 07:23
Last Modified: 27 Oct 2025 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86959

Actions (login required)

View Item View Item