MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH BERBANTUAN MEDIA KUIS BERBASIS APLIKASI QUIZIZ SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Br. Simbolon, Nathania Feronika (2025) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH BERBANTUAN MEDIA KUIS BERBASIS APLIKASI QUIZIZ SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Judul_Cover.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Nathania Feronika_Skripsi Full Text.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar sejarah dengan berbantuan aplikasi berbasis Quiziz pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Minat belajar siswa perlu ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran Quiziz. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian yaitu " Bagaimana penerapan media kuis berbasis aplikasi Quiziz dapat meningkatkan minat belajar sejarah kelas XI Fase F di SMA Negeri 1 Kota Jambi?" Metode dan teknik penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Fase F SMA Negeri 1 Kota Jambi yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Variabel yang diteliti meliputi peningkatan minat belajar yang berhasil dicapai oleh siswa setelah dilaksanakan pembelajaran selama tiga siklus, dalam satu siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif data dan data kualitatif. Teknik analisis pada data kuantitatif yaitu dengan menghitung rata-rata persentase tingkat minat belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data pada data kualitatif yaitu deskripsi kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas XI Fase F SMA Negeri 1 Kota Jambi saat belajar menggunakan media pembelajaran Quiziz . Diketahui Dalam hasil penelitian siklus I didapatkan hasil 62% dan 68%,sedangkan siklus II yakni 73% dan 78% dan di siklus III yakni 80% dan 86%. Hal ini terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus satu dan siklus berikutnya. Jadi kesimpulannya adalah dengan menerapkan metode kuis berbasis Quiziz dapat meningkatkan minat belajar kelas XI SMA N 1 Kota Jambi pada mata pelajaran sejarah. karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran kuis berbasis aplikasi Quiziz dapat meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Kota Jambi

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Sejarah, Quizizz, Pembelajaran Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: NATHANIA FERONIKA BR SIMBOLON
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:38
Last Modified: 20 Oct 2025 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87153

Actions (login required)

View Item View Item