Beja Kurniawan, Andica Dwi (2025) ANALISIS SALURAN,MARGIN, DAN EFISIENSI PEMASARAN TELUR ITIK DI KECAMATAN AIR HANGAT KABUPATEN KERINCI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ANDICA.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Andica.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang saluran, margin, dan efisiensi pemasaran telur itik di Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran telur itik, margin dan efisiensi pemasaran telur itik di Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan data yang diperoleh dari pengambilan sampel para pelaku saluran pemasaran (peternak itik dan pedagang telur itik) menggunakan teknik sensus yaitu menggunakan seluruh populasi peternak itik dan pedagang itik sebagai sampel penelitian. Data yang didapat berupa data primer yang meliputi jumlah populasi ternak itik, produksi telur itik, pembelian dan penjualan telur itik serta pendapatan peternak itik dan pedagang telur itik. Data sekunder diperoleh dari penelitian terdahulu terkait pemasaran telur itik. Data dianalisis menggunakan margin pemasaran, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menemukan dua pola saluran pemasaran: (1) peternak → konsumen, (2) peternak → pedagang pengepul → pedagang pengecer → konsumen. Total margin pemasaran sebesar Rp 1.172,49/butir, farmer’s share pada masing-masing saluran berurutan adalah 100% dan 65,77%. Efisiensi pemasaran saluran I (1,95%) dan saluran II (4,31%). Disimpulkan bahwa saluran pemasaran I adalah yang paling efisien dan menguntungkan. Peternak disarankan memanfaatkan saluran pemasaran lebih pendek atau menjual langsung ke konsumen untuk meningkatkan pendapatan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer’s share, telur itik, peternak itik, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | ANDICA DWI BEJA KURNIAWAN |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 06:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |