PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KOTA JAMBI

PANGESTU HARAHAP, ADI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (150kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Adi Pangestu Harahap. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pada Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si. Pembimbing 2 Nyimas Mu’azzomi, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Penggunaan Media Pada Pembelajaran Sentra Bahan Alam, Kreativitas Anak Pengamatan peneliti anak didik masih kurang aktif, hal ini dapat terlihat ketika mengerjakan tugas menempel apapun masih banyak terlihat anak yang hanya mencontoh dan tidak berani/tidak mau mencoba menambah bentuk lain dari contoh yang sudah ada. Selain itu kuragnya kemampuan untuk memberikan jawaban dan mengemukakan gagasan atau ide-ide yang ada dalam pikiran anak dengan belum lancer, kemampuan anak untuk mengemukakan berbagai alternatif dalam pemecahan masalah belum sesuai dengan ide-ide yang dimilikinya. Sentra bahan alam adalah sentra yang memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berinteraksi langsung dengan berbagai macam bahan untuk mendukung sensomotorik, self control, dansains. kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru di sinibukan berarti harus sama sekali baru tetapi dapat juga sebagai kombinasi dari unsur-unsur yang telah ada sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pada pembelajaran sentra bahan alam terhadap kreativitas anak usia dini di taman kanak-kanak pertiwi II Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Pertiwi II Kota Jambi sebanyak 63 anak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dapat dilihat bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data pree test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0,1300 yang < dari L tabel 0.1566. Untuk data post test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0.0885 yang < L tabel 0.1566. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal, dari uji hipotesis dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 2.0140 > 1,6702 . t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 61 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,6702 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penggunaan media pada pembelajaran sentra bahan alam terhadap kreativitas anak Usi Dini Di Taman Kanak- Kanak Pertiwi II Kota Jambi, karena thitung > ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak pada taraf kepercayaan 95%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan media pada pembelajaran sentra bahan alam terhadap kreativitas anak Usi Dini Di Taman Kanak- Kanak Pertiwi II Kota Jambi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pada pembelajaran sentra bahan alam terhadap kreativitas anak usia dini di taman kanak-kanak pertiwi II Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADI PANGESTU HARAHAP
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:49
Last Modified: 24 Jul 2019 04:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item