Khotimah, Nurul (2025) PENGARUH PENYESUAIAN DIRI TERHADAP KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN SISWA DI SMP N 30 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (297kB) |
|
|
Text
COVER.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
FULL SKRIPSI NURUL KHOTIMAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian siswa di SMP N 30 Muaro Jambi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh banyaknya siswa yang mengalami kecemasan tinggi menjelang ujian, yang berpotensi mengganggu proses berpikir, dan menurunkan prestasi belajar. Penyesuaian diri merupakan kemampuan individu dalam merespon tuntutan lingkungan secara adaptif, sehingga diasumsikan memiliki peran penting dalam membantu siswa menghadapi situasi yang menimbulkan tekanan, seperti ujian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif ex post facto dengan sample sebanyak 132 siswa. Instrument yang digunakan berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan dalam pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik untuk melihat adanya pengaruh antara variabel bebas (penyesuaian diri) dan variabel terikat (kecemasan menghadapi ujian). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penyesuaian diri terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi ujian. Siswa yang memiiki tingkat penyesuaian diri yang tinggi cenderung mengalami kecemasan yang lebih rendah ketika menghadapi ujian. Sebaliknya, siswa dengan tingkat penyesuaian diri yang rendah cenderung mengalami kecemasan yang tinggi. Dengan demikian, penyesuaian diri berperan penting dalam menurunkan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian. Temuan ini menegaskan perlunya memberikan perhatian lebih dalam mengembangkan program-program yang mendukung seperti, layanan bimbingan konseling untuk meningkatan kemampuan penyesuaian diri siswa. Upaya ini diharapkan dapat membantu siswa menghadapi tekanan akademik dengan baik dan meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Kata Kunci: penyesuaian diri, kecemasan menghadapi ujian, siswa SMP This study aims to determine the effect of self-adjustment on exam anxiety among students at SMP N 30 Muaro Jambi. The background of this study is based on the large number of students who experience high anxiety before exams, which has the potential to disrupt thought processes and reduce academic achievement. Self-adjustment is an individual's ability to respond adaptively to environmental demands, thus it is assumed to play a crucial role in helping students cope with stressful situations, such as exams. The method used was a quantitative ex post facto study with a sample of 132 students. The instrument used was a questionnaire that had been tested for validity and reliability before being used in data collection. Data analysis was conducted using statistical techniques to determine the influence between the independent variable (adjustment) and the dependent variable (exam anxiety). The research results show a significant effect of self-adjustment on students' anxiety during exams. Students with high levels of self-adjustment tend to experience lower anxiety during exams. Conversely, students with low levels of self-adjustment tend to experience higher levels of anxiety. Therefore, self-adjustment plays a significant role in reducing anxiety levels during exams. These findings underscore the need for greater attention to developing supportive programs, such as guidance and counseling services, to improve students' adjustment skills. These efforts are expected to help students cope better with academic pressure and improve their psychological well-being. Keywords: adjustment, test anxiety, junior high school students
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | penyesuaian diri, kecemasan menghadapi ujian, siswa SMP |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | KHOTIMAH |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:42 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 02:42 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
