PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DITAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KOTA JAMBI

QADRINA, LIDYA PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DITAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KOTA JAMBI. JURNAL PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DITAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAPTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Lidya Qadrina, 2019. “Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak di taman Kanak-kanak Pertiwi II Kota Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi , Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan. M. Si. Dan Pembimbing (II) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Perkembangan Kognitif, Media Visual Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Pertiwi II Kota Jambi pada kelompok B4 terutama dalam menggunakan media visual untuk meningkatkan perkembangan kognitif. Anak belum terlalu fasih dengan media visual yang lebih efisien yang dapat membantu meningkatkan perkembangan kognif anak. Penggunaan media visual belum optimal. Karena media visual yang digunakan hanya beberapa saja. Penelitian ini dengan penggunaan media visual untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di taman kanak-kanak pertiwi II kota Jambi Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk berfikir lebih kompleks, serta kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Sedangkan media visual Adalah komponen, sumber, atau wahana fisik yang dapat mendukung anak untuk belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 pertemuan. Tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan hanya berada 25% selanjutnya siklus I perkembangan kognitif anak meningkat menjadi 41,20% dan pada pelaksanaan siklus II perkembangan kognitif anak meningkat sebesar 81.17%. hal ini menunjukkan perkembangan kognitif anak bisa dikatakan berkembang sangat baik”. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media visual dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LIDYA QADRINA
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:52
Last Modified: 24 Jul 2019 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item