Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi

Mahardika, Rani (2025) Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang seringkali menghadapi tantangan dalam perkuliahan seperti melakukan penundaan terhadap tugas atau di-kenal dengan istilah Prokrastinasi Akademik. Prokrastinasi Akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya ialah Self-Regulated Learning atau yang dikenal dengan kemampuan mengatur diri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Prokrasti-nasi Akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi angkatan 2021, 2022, dan 2023. Penelitian ini dibatasi pada dua variabel utama, yaitu Self-Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik. Teori yang digunakan mengacu pada pandangan Zimmerman yang menyatakan bahwa Self-Regulated Learning meliputi aspek-aspek metakognisi, motivasional, strategi kognitif, dan pengelolaan sumber daya. Selain itu, juga mengacu pada pandangan Ferrari yang menyatakan bahwa Prokrastinasi Akademik meliputi aspek-aspek penundaan, keterlambatan, kesenja-ngan waktu, dan melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost-facto. Sampel penelitian ini sebanyak 180 orang yang tentukan dengan teknik stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen non-tes berupa angket sebagai alat pengumpul data. Teknik analisis data menggunakan rumus formula C dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Self-Regulated Learning mahasiswa tergolong tinggi, sedangkan tingkat Prokrastinasi Akademik berada pada kategori sedang. Analisis regresi sederhana membuktikan adanya pengaruh negatif signifikan antara Self-Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan Self-Regulated Learning pada mahasiswa untuk mengurangi perilaku menunda tugas akademik. Implikasi penelitian ini juga dapat dimanfaatkan konselor dalam merancang layanan Bimbingan dan Konseling baik secara individu, kelompok, maupun klasikal guna mencegah atau mengurangi Prokrastinasi Akademik. This research is motivated by students who often face challenges in their studies, such as delaying tasks or known as Academic Procrastination. Academic Procrastination is influenced by several factors, one of which is Self-Regulated Learning, known as the ability to manage oneself in learning. This study aims to determine the extent of the influence of Self-Regulated Learning on Academic Procrastination in Guidance and Counseling students at Jambi University from the 2021, 2022, and 2023 cohorts. The study is limited to two main variables, namely Self-Regulated Learning and Academic Procrastination. The theory used refers to Zimmerman's view, which states that Self-Regulated Learning includes metacognitive, motivational, cognitive strategy, and resource management aspects. Additionally, it refers to Ferrari's view, which states that Academic Procrastination includes aspects of delay, lateness, time gap, and doing more enjoyable activities. This research is a quantitative study with an ex-post-facto approach. The sample consists of 180 students determined by stratified random sampling. The study uses a non-test instrument in the form of a questionnaire as a data collection tool. Data analysis techniques use formula C and simple regression analysis. The results show that the level of students' Self-Regulated Learning is categorized as high, while the level of Academic Procrastination is in the moderate category. Simple regression analysis proves there is a significant negative influence between Self-Regulated Learning and Academic Procrastination. These findings emphasize the importance of improving Self-Regulated Learning in students to reduce the behavior of postponing academic tasks. The implications of this study can also be utilized by counselors in designing Guidance and Counseling services individually, in groups, or in classrooms to prevent or reduce Academic Procrastination.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MAHARDIKA
Date Deposited: 05 Nov 2025 02:42
Last Modified: 05 Nov 2025 02:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87422

Actions (login required)

View Item View Item