Ramadhania Putri, Azzahara (2025) PENGARUH PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA MAN 2 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
|
Text
COVER.pdf Download (73kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (27kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI AZZAHARA RAMADHANIA PUTRI_A1E121067.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Judul : Pengaruh Pendidikan dalam Keluarga terhadap Kepercayaan Diri Remaja di MAN 2 Muaro Jambi Oleh : Azzahara Ramadhania Putri NIM : A1E121067 Pembimbing I : Prof. Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd. Pembimbing II : Nur Hasanah Harahap, M.P.d., Kons. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran keluarga dalam membentuk kepercayaan diri remaja, mengingat keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dan utama bagi anak, termasuk dalam membentuk rasa percaya diri. Remaja yang mendapat pola asuh, perhatian, dan komunikasi yang baik dari keluarga cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang kurang mendapatkan dukungan dari keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan dalam keluarga terhadap kepercayaan diri remaja di MAN 2 Muaro Jambi. Penelitian ini dibatasi pada dua variabel utama, yaitu pendidikan dalam keluarga dan kepercayaan diri remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pandangan Kumara mengenai aspek-aspek kepercayaan diri, serta teori dari Lestari terkait bentuk-bentuk pendidikan keluarga, seperti kontrol, dukungan, komunikasi, kedekatan, dan pendisiplinan. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses pendidikan yang terjadi di lingkungan keluarga berpengaruh terhadap perkembangan kepercayaan diri remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI MAN 2 Muaro Jambi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tertutup yang terdiri dari dua variabel, yaitu pendidikan dalam keluarga (variabel X) dan kepercayaan diri (variabel Y). Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dalam keluarga berada dalam kategori baik, sedangkan kepercayaan diri remaja berada dalam kategori sangat tinggi. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa pendidikan dalam keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri remaja. Temuan ini mempertegas pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter dan keberanian remaja dalam menghadapi tantangan. Oleh karena itu, disarankan agar orang tua lebih meningkatkan pola komunikasi, kedekatan emosional, serta memberikan dukungan yang konsisten kepada anak-anak mereka. Implikasi dari penelitian ini juga berguna bagi sekolah dan konselor untuk merancang layanan bimbingan yang lebih responsif terhadap kondisi psikologis siswa, khususnya yang berkaitan dengan pembinaan kepercayaan diri. Kata Kunci: pendidikan dalam keluarga, kepercayaan diri. Title: The Influence of Family Education on Adolescents’ Self-Confidence at MAN 2 Muaro Jambi Author: Azzahara Ramadhania Putri Student ID: A1E121067 Supervisor I: Prof. Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd. Supervisor II: Nur Hasanah Harahap, M.Pd., Kons. The background of this research is based on the importance of the family’s role in shaping adolescents’ self-confidence, considering that the family is the first and foremost educational environment for children, including in developing their sense of confidence. Adolescents who receive good parenting, attention, and communication from their families tend to have stronger self-confidence compared to those who lack family support. This study aims to identify the influence of family education on adolescents’ self-confidence at MAN 2 Muaro Jambi. This research focuses on two main variables: family education and adolescents’ self-confidence. The theoretical framework refers to Kumara’s views on aspects of self-confidence and Lestari’s theory regarding forms of family education, such as control, support, communication, closeness, and discipline. This approach aims to understand how educational processes within the family environment affect the development of adolescents’ self-confidence. The research method used is a quantitative approach with an ex post facto design. The population of this study consists of all grade X and XI students at MAN 2 Muaro Jambi. The data collection instrument was a closed-ended questionnaire consisting of two variables: family education (variable X) and self-confidence (variable Y). The data analysis technique used was simple regression analysis. The results showed that family education was categorized as good, while adolescents’ self-confidence was categorized as very high. The simple regression analysis revealed that family education had a significant influence on adolescents’ self-confidence. These findings reinforce the importance of the family’s role in shaping adolescents’ character and courage in facing challenges. Therefore, it is suggested that parents improve communication patterns, emotional closeness, and provide consistent support to their children. The implications of this research are also beneficial for schools and counselors in designing more responsive guidance services that address students’ psychological conditions, particularly in fostering self-confidence. Keywords: family education, self-confidence.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | family education, self-confidence. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | AZZAHARA RAMADHANIA PUTRI |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 06:46 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 06:47 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
