OKTAVIA, DESIKA PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PETA KONSEP MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA. JURNAL PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PETA KONSEP MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA.
Text
COVER-dikonversi.pdf Download (32kB) |
|
Text
halaman pengesahan-converted.pdf Download (404kB) |
|
Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN-dikonversi.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktavia, Desika. 2019. Pengembangan E-book Berbasis Peta Konsep Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Kelas XI SMA: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Dra. Evita Anggereini, M.Si., Pembimbing (II) Dr. Tedjo Sukmono, S.Si.,M.Si. Kata kunci: Media Pembelajaran, E-book Berbasis Peta konsep, Kvisoft Flipbook Maker, Sistem Ekskresi Manusia E-book digital merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar, maupun suara dan dapat dipublikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca dikomputer maupun perangkat elektronik lainnya. Pengembangan sebuah media pembelajaran berupa e-book yang membantu siswa meningkatkan pemahaman konsep serta motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi sistem ekskresi manusia. Peta konsep merupakan salah pembelajaran visual berupa jaringan hirarkis berisi konsep-konsep dengan garis penghubung dilengkapi frase pada konsep-konsep lainnya. Penggunaan e-book berbasis peta konsep sebagai media pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi dalam mata pelajaran biologi, khususnya materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-book berbasis peta konsep menggunakan kvisoft flip book maker sebagai media pembelajaran pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan data kuatitatif dan kualitatif. ujicoba produk dilakukan di SMAN 7 Kota Jambi. Produk diujicobakan pada siswa yang terdiri dari kelompok kecil 6 orang dan kelompok besar 20 orang serta 1 orang guru. Hasil validasi oleh ahli media yang dilakukan 3 kali validasi dengan persentase akhir yang diperoleh 95% (sangat baik) sedangkan hasil validasi ahli materi yang dilakukan 3 kali validasi dengan persentase akhir 83,3% (sangat baik). Pada ujicoba kelompok kecil memperoleh tanggapan 80% (sangat baik) sedangkan pada ujicoba kelompok besar diperoleh tanggapan 78,6% (sangat baik). Dan respon guru bidang studi biologi memperoleh tanggapan 92,5 (sangat baik) berdasarkan hal maka produk e-book layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | DESIKA OKTAVIA |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 07:13 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 07:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8743 |
Actions (login required)
View Item |