Rahmadani, Muhammad Syahid and A, Palmizal and Khairunnisa, Fitri (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat jauh menggunakan Metode Permainan Kecil Pada Siswa Kelas V SD Negeri 30/VII Muara Danau Kecamatan Pelawan. Jurnal Pendidikan dan Kepelatihan Olahraga, 16 (3). ISSN 2614-6932
|
Text
Jurnal Syahid.doc Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa melalui metode permainan kecil pada siswa kelas V SD Negeri 30/VII Muara Danau Kecamatan Pelawan. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa banyak siswa belum mampu melakukan gerakan lompat jauh dengan benar, seperti tolakan kaki yang tidak tepat, kurangnya dorongan kaki saat melompat, serta postur tubuh yang belum ideal saat melakukan lompatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan metode permainan kecil berupa permainan engklek, lompat tali, dan lompat katak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan lompat jauh dari siklus I dengan rata-rata nilai 65 menjadi rata-rata 90 pada siklus II. Dengan demikian, metode permainan kecil terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa. This study aims to improve the long jump ability of students through small games method in fifth grade students of SD Negeri 30/VII Muara Danau, Pelawan District. Based on initial observations, it was found that many students were unable to perform the long jump movements correctly, such as improper foot push-off, lack of foot propulsion, and poor posture during the jump. To address this issue, small games such as hopscotch, jump rope, and frog jump were implemented. This study used Classroom Action Research (CAR) with two cycles. The research subjects were 20 fifth-grade students. The results showed an increase in long jump ability from an average score of 65 in the first cycle to 90 in the second cycle. Thus, small games method is proven effective in improving students' long jump skills.
| Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | RAHMADANI |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 00:59 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 00:59 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
