MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA BIG BOOK DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI

AFRIDAY TOBING, ELLSA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA BIG BOOK DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA BIG BOOK DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (69kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (341kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
05. BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
09. BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Tobing, Ellsa Afriday. 2019. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Mendongeng dengan Media Big Book di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Jelpa Periantalo, S.Psi.,M.Psi.,Psi. Kata Kunci :Perkembangan Bahasa,Metode Mendongeng, Media Big Book. Penelitian ini berlatar belakang yaitu perkembangan bahasa anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Mendongeng Dengan Media Big Book di TK Xaverius 1 Kota Jambi masih belum optimal perkembangan bahasanya, seperti membaca, dan berbicara. Dalam metode tanya jawab anak kurang aktif. Pada umumnya anak belum mau menjawab pertanyaan ketika guru mengajukan pertanyaan karena kurangnya perbendaharaan kata, kurangnya keterampilan berkomunikasi secara lisan untuk mengungkapkan perasaan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode mendongeng dengan media big book. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di TK Xaverius 1 Kota Jambi pada bulan maret-mei 2019. Penelitian ini berfokus pada anak Kelompok B hijau TK Xaverius 1 Kota jambi yang Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun di kelas B Hijau TK Xaverius 1 Kota Jambi yang berjumlah 19 anak, 11 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dimulai dari pratindakan, persiklus, dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data penelitian ini tentang data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket dari pengamatan dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian dari angket menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode mendongeng dengan media big book di TK Xaverius 1 Kota Jambi yaitu: dari pratindakan 25%, siklus I pertemuan ke-1 29,07%, siklus I pertemuan ke-2 33,15%, dan siklus I pertemuan ke-3 43,40%, siklus I pertemuan ke-4 58,67%. Siklus II pertemuan ke-1 62,84%, siklus II pertemuan ke-2 75%, siklus II pertemuan ke-3 84,14%, akhirnya siklus II pertemuan ke-4 88,83% melebihi kriteria nilai ketuntasan 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode mendongeng dengan media big book di TK Xaverius 1 Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu semoga dengan adanya penelitian ini dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ELLSA AFRIDAY TOBING
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:56
Last Modified: 25 Jul 2019 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8748

Actions (login required)

View Item View Item