Maulana, Irfan (2025) INOVASI MEDIA ANIMASI BERBASIS CANVA UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS III, inovasi media animasi berbasis canva untuk mendukung pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa kelas iii. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
|
Text
Cover new 1.pdf Download (84kB) |
|
|
Text
halaman persetujuan.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN NEW.pdf Download (27kB) |
|
|
Text
SKRIPSI Muhammad irfan maulana A1D121067 INOVASI MEDIA ANIMASI BERBASIS CANVA UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS III (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
ABSTRAK NEW.pdf Download (8kB) |
|
|
Text
BAB I NEW (1).pdf Download (224kB) |
|
|
Text
BAB V NEW.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
Abstract
Maulana, Muhammad Irfan. 2025. Inovasi Media Animasi Berbasis Canva Untuk Mendukung Pembelajaran Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Siswa Kelas III Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd, (2) Andi Gusmaulia Eka Putri, M.Pd. Kata Kunci: Media animasi, canva, Bilangan Cacah Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui validitas dan praktikalitas video animasi sebagai media pembelajaran interaktif pada muatan pendidikan matematika untuk kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluastion). Subjek pada penelitian ini adalah dosen Universitas Jambi dan ahli bahasa yang lulusan dari pendidikan bahasa universitas jambi sebagai tim validasi ahli, guru dan siswa kelas III SDN 17/V Tanjung Jabung Barat sebagai uji coba praktikalisasi dan uji coba kelompok kecil Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video animasi sebagai media pembelajaran interaktif pada muatan pendidikan matematika untuk kelas III sekolah dasar, dilihat dari segi kevalidan dan kepraktisan diperoleh dengan tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid, pada aspek bahasa sebesar 81,81 % dengan kategori valid, dan pada aspek media sebesar 93,33 % dengan katagori sanggat valid. Pada tingkat kepraktisan dilihat dari angket praktikalitas oleh guru diperoleh sebesar 100%, dengan kategori sangat praktis. Tingkat kepraktisan dari angket praktikalitas oleh siswa diperoleh sebesar 95,42% dengan kategori sangat praktis Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video animasi sebagai media pembelajaran interaktif pada muatan matematika untuk kelas III sekolah dasar sudah sanggat memenuhi kriteria valid dan praktis. Maulana, Muhammad Irfan. 2025. Canva-Based Animation Media Innovation to Support Learning of Addition and Subtraction of Whole Numbers for Third Grade Students of the Elementary School Teacher Education Department. Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University, Supervisors: (1) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd, (2) Andi Gusmaulia Eka Putri, M.Pd. Keywords: Animation media, Canva, Whole Numbers This study aims to produce and determine the validity and practicality of animated videos as interactive learning media for mathematics education content for third grade elementary schools. This research is a type of development research using the ADDIE model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of this study were lecturers from Jambi University and linguists who graduated from the University of Jambi's Language Education Department as the expert validation team, and teachers and third-grade students of SDN 17/V Tanjung Jabung Barat as the participants in the practical trial and small-group trials. The results of this study indicate that animated videos as an interactive learning medium for mathematics education for third-grade elementary schools, in terms of validity and practicality, achieved a validity level of 100% in the material aspect, categorized as very valid, 81.81% in the language aspect, and 93.33% in the media aspect, categorized as very valid. The practicality level, as seen from the teacher's practicality questionnaire, was 100%, categorized as very practical. The practicality level, as seen from the student's practicality questionnaire, was 95.42%, categorized as very practical. Therefore, it can be concluded that animated videos as an interactive learning medium for mathematics education for third-grade elementary schools meet the criteria for validity and practicality.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media animasi, canva, Bilangan Cacah |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
| Depositing User: | MAULANA |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:36 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:36 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
