Integrasi Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Bola Voli Di SMP Negeri 11 Kota Jambi

Pratama, Royhan (2025) Integrasi Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Bola Voli Di SMP Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak skripsi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (85kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text
ROYHAN SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ROY.pdf

Download (732kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kenyataan yang di peroleh dari penelitian bahwa pembelajaran bola voli tidak hanya berperan dalam meningkatkan keterampilan motorik siswa, tetapi juga efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter, khususnya kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kerja keras. Tujuan penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat integrasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran bola voli di SMPN 11 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa baik nilai-nilai karakter diintegrasikan dalam pembelajaran bola voli di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif yang melibatkan 27 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian Hasil penelitian mengungkapkan bahwa integrasi nilai karakter dalam pembelajaran bola voli tergolong baik dengan rata-rata pencapaian sebesar 83,2%. Secara lebih spesifik, indikator disiplin mencatat persentase 84% (baik),sportivitas mencapai 78% (cukup), kerja keras 82% (baik), tanggung jawab 85% (baik), dan kejujuran 87% (sangat baik). Indikator yang mendapat pencapaian tertinggi adalah kejujuran, sementara sportivitas berada di posisi terendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran bola voli tak hanya berfungsi untuk meningkatkan keterampilan teknis siswa, tetapi juga efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Di sisi lain, aspek sportivitas perlu mendapatkan perhatian lebih melalui strategi pembelajaran yang lebih menekankan penerimaan terhadap kekalahan, pengendalian emosi, dan penghormatan kepada lawan. The fact obtained from the research is that volleyball learning not only plays a role in improving students' motor skills, but is also effective in instilling character values, especially honesty, discipline, responsibility, and hard work. The purpose of this study is: To find out and describe the level of integration of character education values through volleyball subjects at SMPN 11 Jambi City. This study aims to find out and describe how well character values are integrated in volleyball learning at SMP Negeri 11 Jambi City. The method used is a descriptive quantitative approach involving 27 grade VIII students as research subjects. The results of the study revealed that the integration of character values in volleyball learning is classified as good with an average achievement of 83.2%. More specifically, the discipline indicator recorded a percentage of 84% (good), sportsmanship reached 78% (sufficient), hard work 82% (good), responsibility 85% (good), and honesty 87% (very good). The indicator with the highest achievement was honesty, while sportsmanship ranked lowest. The conclusion of this study is that volleyball learning not only serves to improve students' technical skills but is also effective in instilling character values. On the other hand, the aspect of sportsmanship needs more attention through learning strategies that emphasize accepting defeat, controlling emotions, and respecting opponents.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Integrasi Nilai Karakter, Bola Voli, Pendidikan Jasmani, Siswa SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: PRATAMA
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:25
Last Modified: 10 Nov 2025 03:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87514

Actions (login required)

View Item View Item