Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Berbantuan Website Liveworksheet Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Masyarakat di Daerah ku di Kelas IV Sekolah Dasar

Sa'diah, Halimatus (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Berbantuan Website Liveworksheet Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Masyarakat di Daerah ku di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Bab 5..pdf

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Cover..pdf

Download (181kB)
[img] Text
Full Skripsi..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman Pengesahann.pdf

Download (123kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan e-LKPD berbasis kontekstual berbantuan website Liveworksheet pada mata pelajaran IPAS materi masyarakat di daerahku di kelas IV Sekolah Dasar. (2) Mendeskripsikan hasil validitas produk dari pengembangan e-LKPD berbasis kontekstual berbantuan website Liveworksheet pada mata pelajaran IPAS materi masyarakat di daerahku di kelas IV Sekolah Dasar. (3) Mendeskripsikan hasil kepraktisan produk dari pengembangan e-LKPD berbasis kontekstual berbantuan website Liveworksheet pada mata pelajaran IPAS materi masyarakat di daerahku di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, and Evaluation). Lokasi penelitian dilaksanakan adalah SDN 80/I Muara Bulian. Data penelitian didapatkan dari observasi, wawancara, angket validasi materi, media, dan Bahasa, serta angket kepraktisan guru dan peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa e-LKPD berbasis kontekstual berbantuan website Liveworksheet pada mata Pelajaran IPAS materi Masyarakat di Daerahku di kelas IV Sekolah Dasar. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor dengan persentase 94,54%, sehingga dinyatakan “sangat valid”. Validasi ahli Bahasa memperoleh skor dengan persentase 92%, dan validasi media memperoleh skor persentase 96,84% dinyatakan “sangat valid”. Hasil angket respon pendidik memperoleh skor dengan persentase 98% dinyatakan “sangat praktis” dan hasil angket respon peserta didik memperoleh skor dengan persentase 97,7% dinyatakan “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis kontekstual berbantuan website Liveworksheet pada mata pelajaran IPAS materi masyarakat di daerahku di kelas IV Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, Kontekstual, Liveworksheets.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sa'diah
Date Deposited: 12 Nov 2025 06:23
Last Modified: 12 Nov 2025 06:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87593

Actions (login required)

View Item View Item