Puspita, Andina (2025) PENERAPAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) MELALUI MEDIA INTERAKTIF NEARPOD UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. S1 thesis, Universitas Jambi.
|
Text
Skripsi Andina.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
|
Text
COVER.pdf Download (159kB) |
|
|
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (493kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (100kB) |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (132kB) |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (101kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan strategi Conceptual Change Text (CCT) melalui media interaktif Nearpod dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi dinamika rotasi. Latar belakang penelitian ini berangkat dari masih rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep fisika, khususnya pada topik dinamika rotasi, yang ditandai dengan banyaknya miskonsepsi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan meliputi soal diagnostik five-tier dan kuesioner. Perlakuan diberikan melalui dua kali pertemuan menggunakan media Nearpod yang memfasilitasi visualisasi konsep secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi setelah penerapan strategi CCT berbantu Nearpod, berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank dengan nilai Z sebesar -4,018 dan signifikansi 0,000. Kesimpulannya, penggunaan strategi CCT melalui Nearpod efektif dalam memperbaiki pemahaman konsep siswa serta mengurangi miskonsepsi pada materi yang bersifat abstrak. Implikasi dari penelitian ini menyarankan pentingnya penggunaan pendekatan konseptual dan media digital interaktif dalam pembelajaran fisika.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | PUSPITA |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:50 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:50 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
