PENERAPAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) MELALUI MEDIA INTERAKTIF NEARPOD UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI

Puspita, Andina (2025) PENERAPAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) MELALUI MEDIA INTERAKTIF NEARPOD UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Andina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan strategi Conceptual Change Text (CCT) melalui media interaktif Nearpod dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi dinamika rotasi. Latar belakang penelitian ini berangkat dari masih rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep fisika, khususnya pada topik dinamika rotasi, yang ditandai dengan banyaknya miskonsepsi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan meliputi soal diagnostik five-tier dan kuesioner. Perlakuan diberikan melalui dua kali pertemuan menggunakan media Nearpod yang memfasilitasi visualisasi konsep secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi setelah penerapan strategi CCT berbantu Nearpod, berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank dengan nilai Z sebesar -4,018 dan signifikansi 0,000. Kesimpulannya, penggunaan strategi CCT melalui Nearpod efektif dalam memperbaiki pemahaman konsep siswa serta mengurangi miskonsepsi pada materi yang bersifat abstrak. Implikasi dari penelitian ini menyarankan pentingnya penggunaan pendekatan konseptual dan media digital interaktif dalam pembelajaran fisika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: PUSPITA
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:50
Last Modified: 11 Nov 2025 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87617

Actions (login required)

View Item View Item