ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI BRUNER PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI

Wiranugraha, M Eza (2025) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI BRUNER PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (703kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Wiranugraha, M.Eza. 2025. Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Bruner Pada Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S. (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah Matematika, Teori Bruner Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah matematika pada siswa SMP berdasarkan Teori Bruner pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Jambi pada bulan Mei 2025. Data penelitian didapatkan dengan melakukan observasi selama kegiatan pembelajaran sebagai data awal, lalu dilakukan penyebaran angket dan tes kemampuan pemecahan masalah sebagai data utama serta wawancara sebagai data pendukung. Setelah semua data terpenuhi selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap enaktif, mayoritas siswa menunjukkan kemampuan yang rendah; empat siswa dalam kategori kurang, satu siswa sangat baik, dan satu siswa baik. Pada tahap ikonik, kemampuan siswa berkisar dari rendah hingga cukup, hanya satu siswa sangat baik, dua siswa cukup, dan tiga siswa kurang. Sedangkan pada tahap simbolik, sebagian besar siswa menunjukkan kemampuan tinggi; tiga siswa sangat baik, dua siswa baik, dan satu siswa kurang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa meskipun siswa umumnya mampu berpikir dalam bentuk simbolik, kelemahan pada tahap enaktif dan ikonik menunjukkan bahwa pemahaman cenderung bersifat prosedural, bukan konseptual. Berdasarkan kesimpulan tersebut, disarankan agar guru menerapkan strategi pembelajaran yang memperkuat ketiga tahap representasi Bruner secara berkesinambungan, tidak langsung menuju simbolik tanpa menyiapkan pengalaman konkret dan visualisasi. Guru juga dianjurkan memperhatikan perbedaan proses berpikir antar siswa sehingga strategi pembelajaran dapat disesuaikan. Penelitian selanjutnya hendaknya menggunakan sampel yang lebih banyak dan metode yang lebih variatif (misalnya kuantitatif atau mixed methods) untuk mengkaji pengaruh penerapan strategi representasi terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika Wiranugraha, M.Eza. 2025. Analysis of Students' Thinking Processes in Solving Mathematical Problems Based on Bruner's Theory on the Pythagorean Theorem Material for Grade VIII Students at SMP Negeri 7 Kota Jambi: Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, FKIP, University of Jambi, Supervisors: (I) Dra. Roseli Theis, M.S. (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Keywords: Thinking Process, Mathematical Problem Solving, Bruner's Theory This study aims to describe and analyze the thinking process of students in solving mathematical problems in junior high school based on Bruner's Theory Bruner's Theory on the Pythagorean theorem material. This research was conducted at SMP Negeri 7 Kota Jambi in May 2025. Research data was obtained by conducting observations during learning activities as initial data, then distributing questionnaires and problem-solving ability tests as main data, and interviews as supporting data. After all data was collected, it was analyzed qualitatively. The results showed that at the enactive stage, the majority of students demonstrated low ability; four students were in the poor category, one student was very good, and one student was good. At the iconic stage, student abilities ranged from low to adequate, with only one student rated as excellent, two students rated as adequate, and three students rated as poor. Meanwhile, at the symbolic stage, most students demonstrated high abilities; three students were rated as excellent, two students were rated as good, and one student was rated as poor. Based on these results, it can be concluded

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Thinking Process, Mathematical Problem Solving, Bruner's Theory
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: WIRANUGRAHA
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:21
Last Modified: 13 Nov 2025 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87673

Actions (login required)

View Item View Item