Linggo Gini, Puti MENINGKATKAN KEBIASAAN PADA KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA SABILIA PULAU SANGKAR KECAMATAN BUKIT KERMAN KERINCI. JURNAL MENINGKATKAN KEBIASAAN PADA KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA SABILIA PULAU SANGKAR KECAMATAN BUKIT KERMAN KERINCI.
Text
COVER.docx Download (90kB) |
||
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
||
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
Abstract
ABSTRAK Gini Puti Linggo. 2019. “Meningkatkan Kebiasaan Pada Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Sabilia Pulau Sangkar Kecamatan Bukit Kerman Kerinci. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. H Hendra Sofyan, M.Si., (II) Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi., Psi. Kata Kunci : Visual Spasial Dan Menggambar Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di RA Sabilia Kerinci bisa di tingkatkan melalui kegiatan menggambar. Menurut Mursid (2015:164) kecerdasan visual spasial adalah kemampuan anak dalam memvisualisasikan apa yang ada di benaknya lewat gambar, susunan balok atau menjelaskan terperinci rute menuju kesekolahnya. Mewarnai dan menggambar menurut Yaumi dan Ibrahim (2016: 90-91) merupakan suatu aktivitas yang mengasyikan dalam dunia anak. Penelitian ini dilakukan di RA Sabilia Pulau Sangkat Kecamatan Bukit Kerman Kerinci mulai pada 19 Maret 2019. Penelitian ini berlansung selama 2 bulan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah 20 anak. Alat penggumpulan data dengan format observasi yang berjumlah 44 item yang dinilai melalui observasi. Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan Berkembang Sangat Baik (BSB) Hasil penelitian ini Sebelum adanya tindakan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun masih belum berkembangan persentase 25,11% (BB) anak. Setelah dilakukan tindakan siklus I kebiasaan pada kecerdasan visual spasial anak sudah mulai berkembang sedikit peningkatan menjadi siklus I pertemuan ke-1 29,26% (MB), siklus I pertemuan ke-2 35,09% (MB), siklus I pertemuan ke-3 43,65% (MB), siklus I pertemuan ke-4 53,42% (BSH), siklus II pertemuan ke-1 58,40%, siklus II pertemuan ke-2 63,75% (BSH), siklus II pertemuan ke-3 71,83% (BSB), siklus II pertemuan ke-4 anak sudah dapat melebihi pencapaian ketuntasan 85% Pertemuan ke-4 mencapai 89,80% (BSB). Jadi kebiasaan pada kecerdasan visual spasial anak meningkat melalui kegiatan menggambar dengan peningkatan yang sangat baik melebihi batas ketuntasan 85% yaitu 89,80%. Menambah wawasan dan lebih kreatif lagi dalam media pembelajaran dan bahan evaluasi guru terhadap kebiasaan pada kecerdasan visual spasial agar pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PUTI LINGGO GINI |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 03:58 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8769 |
Actions (login required)
View Item |