ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

Handayani, Nadila Erina and Fuldiaratman, Fuldiaratman and Syahri, Wilda ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. Analisis.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf

Download (23kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi hidrolisis garam dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI MIPA SMA Adhyaksa 1 Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E oleh guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson. Keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E oleh siswa sebesar 71,61% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 81,69% dengan kategori sangat baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,60 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI MIPA SMA Adhyaksa 1 Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NADILA ERINA HANDAYANI
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:15
Last Modified: 25 Jul 2019 08:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8785

Actions (login required)

View Item View Item