ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE II SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MULTIPEL REPRESENTASI SISWA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI PADA MATERI HIDOLISIS GARAM

Wulandari, Reni and Naswir, Muhammad and Harizon, Harizon ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE II SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MULTIPEL REPRESENTASI SISWA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI PADA MATERI HIDOLISIS GARAM. Analisis.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang masih rendah sehingga pemahaman ataupun kemampuan representasi siswa pun ikut rendah. Penerapan model pembelajaran SiMaYang tipe II merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang tipe II serta pengaruhnya terhadap kemampuan multipel representasi siswa pada materi hidrolisis garam. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequen-tial exploratory. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Muaro Jambi sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang Tipe II baik dari guru maupun siswa dan soal tes esai kemampuan multipel representasi siswa. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang tipe II dengan kemampuan multipel representasi siswa dicari dengan korelasi product moment dan pengarhnya dianalisis dengan analisis koefisien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang Tipe II oleh siswa sebesar 68,48% dengan kategori baik dan persentase kemampuan multipel representasi siswa level makroskopik 36,68%, submikroskopik 29,21% dan simbolik sebesar 34,11%. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang tipe II dengan kemampuan multipel representasi siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,58. Dengan koefisien determinasinya = r2 = 33,99% dengan kategori rendah. Hal ini berarti terdapat pengaruh keterlaksanaan model pemebelajaran SiMaYang tipe II dengan sebesar 33,99% terhadap kemampuan multipel representasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap kemampuan multipel representasi siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RENI WULANDARI
Date Deposited: 25 Jul 2019 09:00
Last Modified: 25 Jul 2019 09:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8786

Actions (login required)

View Item View Item