ATNARITA, ATNARITA ¬PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KLASIKAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. JURNAL ¬PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KLASIKAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI.
Text
cover.docx Download (617kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (315kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (52kB) |
Abstract
ABSTRAK Atnarita .2019. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Klasikal Berbasis Kearifan Local Di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag. M.Pd.I Kata kunci : e-modul, pembelajaran klasikal, kearifan lokal Hasil pengamatan dari peneliti pengembangan e-modul pembelajaran klasikal berbasis kearipan lokal di taman kanak – kanak Kota Jambi. Guru di tuntut untuk kreativitas dalam membuat bahan ajar. Keberhasilan siswa merupakan keberhasilan dari guru dalam menerapkan pembelajaran. Namun masih sangat sedikit guru mengunakan tema yang berbasis kearifan lokal kota jambi dalam mengajar di taman kanak – kanak. Untuk melaksanakan pembelajaran guru tentu memiliki tuntunan atau pedoman dalam proses pembelajaran salah satu pendoman itu adalah modul. Modul yang di gunakan berupa modul cetak Peneliti ini bertujuan untuk mengembangan modul menjadi e-modul yang akan di gunakan guru di taman kanak- kanak sebagai pedoman dalam mengajar dengan model pembelajaran klasikal yang berbasis kearifan lokal kota jambi. E-modul di kembangkan mengunakan software 3D pageflip professional. Pengembangan ini mengunakan metode penelitian model ADDIE. Tahap yang dilakukan adalah Analisis, Desain, development atau pengembangan, implimentasi, evaluasi. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Objek penelitian ini dosen dan mahasiswa pendidikan guru pendidikan anak usia dini di universitas jambi, serta guru taman kanak – kanak kota jambi yang masih mengunakan model pembelajaran klasikal. Sampel yang gunakan peneliti terdiri dari 8 taman kanak-kanak dan 1 kampus pendidikan guru pendidikan anak usia dini di universitas jambi. Penelitian ini di validasi oleh ahli media, ahli materi dan respon dari responden terdapat 3 orang dosen 34 orang mahasiswa dan 28 orang guru taman kanak-kanak. Kuisioner yng gunakan responden berupa penyataan yang mengunakan sklah 4. Hasil dari validasih ahli media menunjukan 88,6% (sangat baik). Validasih ahli materi menunjukan 89,2% (sangat baik). Respon dari dosen 77% (baik), respon dari mahasiswa 83,14% (sangat baik) dan guru taman kanak – kanak 84,67% (sangat baik). Berdasarkan hasil dari penelitian ini e-modul pembelajaran klasikal berbasis kearifan lokal di taman kanak- kanak kota jambi, setelah memalalui beberapa tahap dan di nilai oleh ahli media dan materi serta respon dari responden e-modul sudah termasuk kategori sangat baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ATNA RITA |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 04:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 04:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8800 |
Actions (login required)
View Item |