LAWENSKY PANJAITAN, MONICA PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII SMPN 7 MUARO JAMBI. JURNAL PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII SMPN 7 MUARO JAMBI.
Text
cover.pdf Download (90kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (199kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (198kB) |
Abstract
ABSTRAK Panjaitan, Monica, Lawensky. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Examples Non Examples dan Problem Posing Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII SMPN 7 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. M. Salam, M.Si. Pembimbing II Ahmad Fauzan, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Examples Non Examples, Problem Posing Salah satu masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 7 Muaro Jambi. Penyebab Hal ini diduga disebabkan oleh pola pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru dimana Siswa kurang diberikan kesempatan mengutarakan gagasan/ide-ide serta Kurang terlibat secara maksimal saat proses pembelajaran, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukannya upaya pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dan Problem Posing . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Examples Non Examples dan Problem Posing Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII SMPN 7 Muaro Jambi Penelitian ini menggunakan bentuk desain True Eksperimental Design yang digunakan, yaitu Posttest-Only Control Design yang dilakukan di SMPN 7 Muaro Jambi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas dan berjumlah 223, sampel diambil 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen I (79,21) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen II (72,03) dan pada uji-t diperoleh nilai bahwa thitung = 3,01 dan ttabel = 1,66. Jadi, nilai thitung > ttabel (3,01 > 1,66). Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran exampeles non examples dan model problem posing pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi Kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PPKn yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran exampeles non examples dan model pembelajaran problem posing dengan demikian, dapat diartikan bahwa kelas dengan menggunakan model pembelajaran exampeles non examples lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran problem posing.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kiranya untuk diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam ruang lingkup yang lebih luas.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MONICA LAWENSKY PANJAITAN |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 06:37 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8802 |
Actions (login required)
View Item |