NOVALIANA, NOVALIANA Strategi Guru Dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial di SDN 05/I Sengkati Gedang. JURNAL Strategi Guru Dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial di SDN 05/I Sengkati Gedang.
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (80kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
Abstract
ABSTRAK Novaliana.“Strategi Guru Dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial di SDN 05/I Sengkati Gedang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si (2) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, Sikap Peduli Sosial. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk sikap sosial siswa kelas IV melalui kegiatan pembelajaran di SDN 05/I Sengkati Gedang, (2) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk sikap sosial siswa kelas IV melalui kegatan diluar pembelajaran di SDN 05/1 Sengkati Gedang, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi guru dalam membentuk sikap sosial siswa kelas IV di SDN 05/1 Sengkati Gedang. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi guru dalam membentuk sikap sosial siswa kelas IV melalui kegiatan pembelajaran di SDN 05/1 Sengkati Gedang adalah dengan kerja kelompok, keteladanan, pembiasaan, dan pemberian ganjaran, (2) strategi guru dalam membentuk sikap sosial siswa kelas IV di SDN 05/1 Sengkati Gedang adalah dengan keteladanan, dan pemberian sanksi, (3) faktor penghambat dan pelaksanaan strategi guru dalam membentuk sikap sosial siswa kelas IV di SDN 05/1 Sengkati Gedang adalah lingkungan masyarakat dan kecanggihan teknologi, sedangkan faktor pendukungnya adalah peran guru yang sangat dominan dalam membentuk sikap sosial siswa dalam kegiatan pembelajaran dan diluar pembelajaran. Berdasarkan penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa strategi guru dalam membentuk sikap peduli sosial siswa kelas IV di SDN 05/1 Sengkati Gedang dapat diambil kesimpulan yaitu Guru menggunakan strategi pembelajaran kooperatif (SPK), Guru menggunakan strategi pembelajaran afektif, Guru menggunakan strategi keteladanan, Guru menggunakan strategi pemberian sanksi atau hukuman dan Guru menggunakan strategi pemberian ganjaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVALIANA |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 06:37 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8803 |
Actions (login required)
View Item |