BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 19 KOTA JAMBI

PITRIYANI, PITRIYANI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 19 KOTA JAMBI. JURNAL BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 19 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Judul :Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kompetensi Intrapersonal Peserta Didik Kelas Vlll SMPN 19 Kota Jambi Nama mahasiswa : Pitriyani NIM : A1E114030 Dosen Pembimbing : Drs. Asradi, MM Urgensi penelitian yaitu masih banyaknya siswa yang mengeluh merasa bingung dengan identitas diri dan belum memahami dengan baik tentang diri, keinginan diri, harapan diri, dan tujuan diri, dan kurangnya rasa percaya diri, tujuan penelitian yaitu bimbingan kelompok untuk meningkatkan kompetensi intrapersonal siswa kelas VIII SMP 19 Kota Jambi, Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif yang dimaksudkan untuk menjaring data hasil penelitian mengenai kompetensi intrapersonal peserta didik. Rancangan penelitian yaitu semi eksperimen yang dimaksudkan untuk mengukur akibat dari suatu perlakuan, perlakuan yang dimaksud yaitu bimbingan kelompok untuk meningkatkan kompetensi intrapersonal peserta didik. Anggota populasi yaitu keseluruhan siswa kelas VIII yang terdaftar pada semester II Tahun Ajaran 2016/ 2017. Jumlah sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling yang mempedomani perhitungan intrapolasi perkiraan sampel populasi heterogen & homogen. Teknik yang digunakan yaitu dengan menyebarkan kuesioner skala likert. Analisis data bersifat kuantitatif menggunakan angket dengan pengolahan Item skala 5 likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum korelasi antara pre-test dan post-tes sebesar 0.551 dengan taraf signifikansi 0.000 ini mengandung arti bahwa α = 0.05 lebih besar dari sig atau (0.05 > 0.000), Selanjutnya Kompetensi intrapersonal peserta didik pada aspek pengetahuan diri (self knowledge) yaitu pre-test dan post-test sebesar 0.566 dengan taraf signifikansi 0.000 ini mengandung arti bahwa α = 0.05 lebih besar dari sig atau (0.05 > 0.000), berikutnya kompetensi intrapersonal peserta didik pada aspek pengarahan diri (self direction) yaitu pre-test dan post-test sebesar 0.537 dengan taraf signifikansi 0.000 ini mengandung arti bahwa α = 0.05 lebih besar dari sig atau (0.05 > 0.000), berikutnya kompetensi intrapersonal peserta didik pada aspek harga diri (self esteem) yaitu pre-test dan post-tes sebesar 0.379 dengan taraf signifikansi 0.000 ini mengandung arti bahwa α = 0.05 lebih besar dari sig atau (0.05 > 0.000), hasil temuan penelitian juga mengandung arti bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan kompetensi intrapersonal peserta didik baik secara umum maupun per aspek pada Kelas VIII SMPN 19 kota jambi. Kata kunci : Kompetensi Intrapersonal, Bimbingan Kelompok

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PITRIYANI
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:28
Last Modified: 26 Jul 2019 07:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item