MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DI TK AL-FALAH KOTA JAMBI

SINTIYA, ENI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DI TK AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DI TK AL-FALAH KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (154kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Eni Sintiya, 2019. Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menganyam Di TK Al-Falah Kota Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (2) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pdi Kata Kunci :Perkembangan Motorik Halus, Kegiatan Menganyam. Penelitian ini berlatar belakang yaitu perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Falah Kota Jambi belum berkembang secara optimal dikarenakan pada saat anak melakukan kegiatan yang menggunakan motorikya terutama motorik halus masih ada anak yang dibantu oleh gurunya, ada anak yang tidak mau melakukan aktifitas yang menggunakan motorik halusnya contohnya pada saat anak menulis di buku temaana kmasih di bantu oleh guru, pada saat mengerjakan tugas menggambar serta mewarnai secara individu anak masih di bantu oleh guru serta sesekali di bantu oleh temannya, serta pada saat kegiatan kolase juga seperti itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan perkembangan anak usia 5-6 tahun sebelum dan setelah adanya tindakan kegiatan menganyam dan untuk mengetahui peningkatan perkembangan motoirk halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menganyam di TK Al-Falah Kota Jambi. Perkembangan motorik halus melalui kegiatan menganyam yang di maksud dalam penelitian ini yaitu menggambar sesuai gagasan meniru bentuk melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan menggunakan alat tulis dengan benar menggunting dengan media berdasarkan bentuk atau pola menempel gambar dengan tepat mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobsevasi dan melakukan refleksi terhadap hasi lakhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data di peroleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolabirasi dangan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menganyam di TK Al-Falah Kota Jambi yaitu : Dari pratindakan 25.65%, siklus I pertemuan ke-1 26.33%, siklus I pertemuan ke-2 28.10%, siklus I pertemuan ke-3 33.16%, siklus I pertemuan ke-4 42.16%, siklus II pertemuan ke-1 54.33%, siklus II pertemuan ke-2 64.19%, siklus II pertemuan ke-3 78.85%, akhirnya siklus II pertemuan ke-4 86.64% melebihi criteria nilai ketuntasan 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menganyam di TK Al-Falah Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi keberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini di anggap berhasil.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ENI SINTIYA
Date Deposited: 31 Jul 2019 01:10
Last Modified: 31 Jul 2019 01:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8821

Actions (login required)

View Item View Item